Cara Membuat Grafik Piramida Penduduk Dengan Excel

Tip berikut akan menjelaskan cara membuat desain grafik/bagan piramida penduduk yang telah dikelompokkan menurut umur dan jenis kelamin dengan menggunakan Chart Excel tipe 2-D Bar yakni Clustered bar seperti contoh hasil akhir yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.



Barisan sel B3:C18 berisi data jumlah penduduk yang dituliskan dalam ribuan dengan format sel Number menggunakan 'Accounting' Decimal places: 1 dan Symbol: None.

Langkah Pertama: Menyalin dan mengubah sel data grafik

Chart dengan jenis clustered bar, normalnya menghasilkan diagram batang ke arah kanan apabila bilangan yang terdapat dalam sel datanya merupakan bilangan positif. Dalam hal ini, agar chart dapat menghasilkan output dengan struktur diagram batang yang berlawanan arah, maka salah satu kolom data harus ditampilkan dengan bilangan negatif.


Cara yang dapat dilakukan adalah membuat sel data salinan, berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:
  1. Sorot sel E2 hingga G18 kemudian ketik =A2 lalu tekan tombol CTRL+ENTER secara bersamaan pada keyboard.
  2. Sorot sel F3:F18 lalu pada formula bar tambahkan tanda hubung minus '-' setelah tanda sama dengan '=' sehingga menjadi =-B3 lalu tekan tombol CTRL+ENTER secara bersamaan.
Kolom 'Laki-laki' kini menjadi bilangan negatif pada barisan sel salinan.

Langkah Kedua: Membuat dan Mengatur Posisi Grafik


  1. Sorot sel salinan yaitu sel E3:G18.
  2. Buka menu ribbon Insert > Charts > Bar > 2-D bar > Clustered bar.
  3. Posisikan bagian tepi chart supaya terlihat pas pada grid sel yaitu dengan cara memilih tab Chart Tools > Format > Align > Snap to Grid lalu tempatkan posisi hingga menutupi sel data salinan seperti contoh yang dipertunjukkan pada gambar di atas.

Langkah Ketiga: Menyesuaikan Tampilan Legenda Grafik


  1. Klik area chart lalu pilih tab Chart Tools > Layout > Labels > Legend > Show Legend at Top.
  2. Tukar urutan legenda dengan memilih tab Chart Tools > Design > Select Data.
  3. Pada kotak dialog Select Data Source pilih 'Laki-laki' lalu klik tombol icon panah mengarah ke bawah untuk memindahkan urutan dan klik OK.

Langkah Keempat: Menyesuaikan Ukuran Diagram Batang


  1. Pastikan area chart tetap dipilih lalu klik salah satu diagram batang misalnya diagram perempuan. Setelah seluruh diagram batang perempuan terpilih klik kanan diagram tersebut lalu pilih 'Format Data Series...'.
  2. Pada kotak dialognya, atur diagram agar tidak tumpang tindih dengan menentukan Series Overlap: 100% dan lebar jarak antara tiap batangnya dengan Gap Width: 15%. Klik Close.

Langkah Kelima: Menyesuaikan Letak Sumbu Vertikal (Umur) dan Menghilangkan Garis Grid Dalam Diagram


  1. Klik sumbu vertikal yang berisi urutan umur dan pastikan agar sumbu tersebut telah terpilih, kemudian klik kanan lalu pilih 'Format Axis...'.
  2. Pada kotak dialog Format Axis > Axis Options pilih 'None' pada kotak pilihan 'Major tick mark type:' dan pilih 'Low' pada kotak pilihan 'Axis Labels' klik tombol 'Close'.
  3. Hilangkan garis grid di dalam diagram dengan cara memilih tab Chart Tools > Layout > Axes > Gridlines > Primary Vertical Gridlines > None.

Langkah Keenam: Menyesuaikan Penomoran pada Sumbu Horizontal


  1. Klik sumbu horizontal dan pastikan agar sumbu tersebut telah terpilih, kemudian klik kanan lalu pilih 'Format Axis...'.
  2. Pada kotak dialog Format Axis > Axis Options pilih tombol 'Fixed' pada pilihan 'Minimum:' dan 'Maximum:' lalu tentukan nilai minimumnya menjadi -2500 dan nilai maksimumnya 2500.
  3. Pilih tab 'Number' (masih dalam kotak dialog Format Axis) lalu klik 'Custom' di bawah kotak pilihan 'Category:' dan ubah format bilangan negatif menjadi positif dengan memasukkan Format Code: #.##0;#.##0 kemudian klik tombol 'Add' pilih kode format pada kotak pilihan 'Type' lalu klik 'Close'.
  4. Perlebar atau sesuaikan kembali ukuran grafik menurut Anda agar nilai sumbu horizontal dapat terlihat sebagaimana mestinya.

Langkah Terakhir: Mengubah Warna Salah Satu Grafik Batang


  1. Klik misalnya grafik batang perempuan lalu klik kanan pilih 'Format Data Series...'.
  2. Pada kotak dialognya pilih tab Fill > Solid fill kemudian pilih warna contohnya 'Aqua, Accent5'. Klik tombol 'Close'.