Cara Membuat Grafik Fungsi Trigonometri Dengan Rumus Excel

Tip berikut ini akan menjelaskan cara membuat grafik fungsi trigonometri menggunakan Chart tipe Scatter dalam Excel, berdasarkan contoh persamaan berikut, nilai x berada dalam interval 0 ≤ x = 360°:
y = 2 sin (2x - 60)° + 1
y = -2 cos (2x - 60)°
y = tan (x + 45)°



Grafik fungsi trigonometri yang ditunjukkan pada gambar di atas merupakan hasil dari penyesuaian persamaan terutama pada gambaran garis tangent dimana nilai x-nya yang tak terhingga itu agar dapat tergambar dengan jelas ke dalam Scatter chart Excel ini. Adapun persamaan yang digunakan untuk mengubah nilai x tangent yakni xπ/2.

Untuk menggambar fungsi trigonometri ke dalam sebuah grafik, nilai yang terlebih dahulu harus Anda peroleh ialah ukuran lingkaran dari nilai x atau sudut dalam satuan derajat (°). Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan rumus RADIANS untuk mengubah satuan derajat tersebut ke dalam satuan radian. Berikut ini langkah-langkah membuat grafik fungsi trigonometri yang dapat Anda ikuti:

Langkah pertama: Membuat Sumber Data Sinus dan Kosinus


  1. Buatlah worksheet seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.
  2. Berikan nomor urut 1 hingga 73 pada kolom A (No.) menggunakan metode Editing > Fill Series agar dapat mempersingkat waktu Anda.
  3. Pada kolom B (x), tetapkan nilai sudut x yang intervalnya 0° sampai 360° dengan kenaikan sebesar 5 dimulai dari sudut 0, sehingga sel B5 dituliskan dengan rumus: =B4+5 kemudian disalin hingga ke baris paling bawah.
  4. Untuk menghasilkan nilai y pada persamaan y = 2 sin (2x - 60)° + 1 atau kolom C, tiap sudut harus dikonversi terlebih dahulu menjadi satuan radian. Sehingga Sel C4 berisi rumus: =2*SIN(2*RADIANS(B4)-RADIANS(60))+1 kemudian disalin hingga ke baris paling bawah. 
  5. Demikian pula pada sel D4 rumusnya: =-2*COS(2*RADIANS(B4)-RADIANS(60)), lalu salinkan ke baris yang paling bawah.

Langkah Kedua: Membuat Sumber Data Tangent


  1. Samakan nilai x di sel E dengan sel B, rumusnya: =B4 di sel E4.
  2. Tentukan nilai x pada sel E5 menurut persamaan xπ/2 sehingga rumus dituliskan menjadi: =E4+5*PI()/2 kemudian disalin hingga ke baris paling bawah. 
  3. Masukkan rumus tangent dengan acuan x pada kolom E yang telah dihasilkan, gunakan rumus: =TAN(RADIANS(E4)+RADIANS(45)) pada sel F4 dan salinkan hingga ke baris paling bawah. 

Langkah Ketiga: Membuat dan Memperbaiki Output Grafik Fungsi Trigonometri


  1. Sorot sel B3:F76.
  2. Buka ribbon Insert > Charts > Scatter > Scatter with Straight Lines.
  3. Pastikan chart terpilih lalu buka tab ribbon Chart Tools > Design > Data > Select Data untuk menghilangkan garis xπ/2.
  4. Pada kotak dialog 'Select Data Source' pilih xπ/2 dibawah pilihan 'Legend Entries (Series)' lalu klik tombol 'Remove'. Klik OK.

Langkah Terakhir: Menyesuaikan Garis Tangent dan Sumbu Vertikal Grafik


  1. Klik beberapa kali salah satu garis tangent hingga garis disoroti dengan satu titik, setelah itu klik kanan garis tersebut kemudian pilih 'Format Data Point...'
  2. Pada kotak dialognya, pilih tab 'Line Color' dan klik 'No Line'.
  3. Lakukan cara yang sama untuk menghapus garis tangent lainnya yang tidak diperlukan.
  4. Untuk menyesuaikan bilangan pada sumbu vertikal grafik, klik kanan sumbu tersebut lalu pilih 'Format Axis...'
  5. Pada Axis Options tentukan nilai Minimum -10 dengan memilih tombol 'Fixed', Nilai Maksimumnya 12. Klik tombol 'Close'.