Trik Excel Membuat Worksheet Menjadi Blank

Teknik ini dapat Anda gunakan untuk menyembunyikan workbook yang didalamnya terdapat dokumen yang ingin Anda lindungi tanpa menggunakan proteksi workbook atau worksheet maupun tanpa menggunakan macro/VBA. Teknik ini akan menghasilkan worksheet menjadi blank setelah file/workbook tersebut dibuka tanpa menyisakan heading, tab sheet, scrollbar vertikal maupun horizontal.

Cara Mengosongkan Worksheet

  1. Sebagai contoh percobaan Anda dapat membuat workbook baru.
  2. Pada Sheet1 klik heading baris manapun, misalnya heading baris 1.
  3. Tekan tombol Ctrl+0 bersamaan pada keyboard. Excel menyembunyikan seluruh area worksheet dengan menyisakan heading baris.
  4. Sembunyikan heading baris tersebut dengan menghilangkan tanda centang pada Headings melalui ribbon View > Show/Hide.
  5. Kini yang tersisa hanya tab sheet, scrollbar vertikal dan horizontal. Untuk menyembunyikannya klik tombol Office > Excel Options atau File > Options.
  6. Pilih 'Advanced' kemudian hilangkan tanda centang pada: Show horizontal scrollbar, Show vertical scroll bar, dan Show sheet tabs lalu klik OK. Dengan menetapkan opsi ini Anda tidak akan dapat membuka Sheet lainnya yang tidak Anda sembunyikan.
  7. Simpan Workbook Anda lalu Tutup Excel.

Cara Membuka Kembali Worksheet yang Blank

  1. Buka workbook yang telah anda kosongkan worksheetnya.
  2. Buka kotak dialog 'Excel Options' (klik tombol Office > Excel Options atau File > Options).
  3. Pilih 'Advanced' kemudian tandai centang pada: Show horizontal scrollbar, Show vertical scroll bar, dan Show sheet tabs lalu klik OK.
  4. Buka ribbon View > Show/Hide lalu tandai centang 'Headings'.
  5. Double-klik tombol heading (segitiga siku) di atas heading baris 1.
  6. Arahkan kursor pada tepi kanan heading tersebut hingga kursor berubah menjadi panah dua arah berlawanan, kemudian drag ke kanan sesuai dengan lebar yang Anda inginkan. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.