Tips Menyalin Sel Menggunakan Paste Special dalam Excel

Excel memungkinkan Anda untuk menyalin data yang dapat dengan mudah disesuaikan menurut kegunaannya melalui kotak dialog Paste Special. Tip singkat berikut ini akan menjelaskan sedikit cara yang dapat Anda pergunakan saat menyalin data pada suatu sel ke barisan sel lainnya dalam kondisi tertentu seperti yang telah saya sertakan beberapa beberapa contoh sederhana di bawah ini.

Menyalin Operasi Bilangan Pada Barisan Sel

Gambar di bawah ini merupakan contoh suatu barisan sel dimana waktu pelaksanaan kegiatan yang akan diundur satu hari. Adapun format sel tanggal (Waktu Pelaksanaan) menggunakan Custom: [$-421]dddd, d mmmm yyyy;@ untuk menampilkan format waktu misalnya: Selasa, 7 Maret 2016. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Tambahkan nilai bantu di satu sel yaitu angka 1. Angka ini akan ditambahkan pada masing-masing sel yang akan disalin.
  2. Tekan tombol CTRL+C pada keyboard untuk mengaktifkan perintah Copy pada sel tersebut.
  3. Blok barisan sel yang akan ditambah dengan angka 1 tersebut.
  4. Tekan tombol CTRL+ALT+V untuk menampilkan kotak dialog Paste Special.
  5. Pilih Add (tandai centang)
  6. Klik OK.
Melalui opsi Operation pada kotak dialog Paste Special inilah. Anda dapat menambahkan (Add), mengurangi (Subtract), mengalikan (Multiply) atau membagi (Divide) bilangan yang Anda salin kepada barisan sel, worksheet maupun workbook lainnya.

Menyalin Barisan Sel Yang Kolomnya Diubah Menjadi Baris Atau Sebaliknya

Anda dapat menyalin suatu barisan sel yang posisi kolomnya dapat diganti menjadi baris maupun yang awalnya posisi baris diganti menjadi kolom seperti yang dipertunjukkan pada gambar di bawah. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Sorot sel yang akan disalin.
  2. Tekan tombol CTRL+C pada keyboard untuk mengaktifkan perintah Copy.
  3. Tempatkan pointer pada sel salinan.
  4. Tekan tombol CTRL+ALT+V untuk menampilkan kotak dialog Paste Special.
  5. Pilih Transpose (tandai centang)
  6. Klik OK.