Tips Mengetahui Nomor Simbol/Karakter Fungsi CHAR Yang Tersedia Dalam Excel

Jika Anda ingin menambahkan suatu teks berupa bilangan yang disertai dengan simbol, contohnya teks: Sudut 120°, Anda mungkin terbiasa menggunakan menu Symbol (pada menu ribbon Insert > Text) untuk menambahkan simbol derajat tersebut. Tip berikut ini akan menjelaskan cara alternatif yang dapat digunakan untuk membantu Anda menemukan simbol/karakter tertentu yang sesuai dengan menggunakan rumus CHAR.

Fungsi CHAR dalam Excel akan menghasilkan simbol/karakter yang ditentukan oleh suatu bilangan dimulai dari angka 1 hingga 255. Adapun karakter yang dihasilkan tergantung dari jenis sistem operasi komputer yang Anda gunakan (Windows atau Mac). Agar lebih memudahkan dalam menemukan jenis simbol berdasarkan bilangan tersebut, maka dapat dilakukan dengan cara menampilkan keseluruhannya. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

Membuat Daftar Dua Barisan Sel [Bilangan dan Simbol]

Menyiapkan Worksheet (Memperkecil Lebar Kolom Heading Sel)

  1. Buka Sheet baru.
  2. Tekan tombol Ctrl pada keyboard dan jangan dilepaskan sambil Anda blok heading kolom A hingga O lalu blok heading kolom Q hingga sel AE. Setelah kedua kolom sel disorot, Anda boleh melepas tombol Ctrl.
  3. Arahkan kursor pada heading kolom yang disorot, lalu klik-kanan heading tersebut, pilih 'Column Width...' lalu Anda perkecil ukuran lebar selnya, contoh dengan angka 4 pada kotak isian 'Column width:' klik OK.

Membuat Nomor Urut dan Output Simbol

  1. Masukkan angka 1 di sel A1.
  2. Blok sel B1:O1, lalu dalam keadaan sel tersebut masih disorot, Anda masukkan rumus: =A1+1 kemudian tekan tombol Ctrl+Enter pada keyboard secara bersamaan.
  3. Blok sel A2:O17, masukkan rumus: =A1+15 lalu tekan tombol Ctrl+Enter bersamaan.
  4. Blok sel Q1:AE17, masukkan rumus =CHAR(A1) lalu tekan tombol Ctrl+Enter bersamaan. Gambar di bawah ini mempertunjukkan cara pembuatan nomor urut dan output simbol tersebut.


Dengan ditampilkannya keseluruhan simbol, maka akan lebih memudahkan Anda untuk mengetahui bilangan manakah yang dapat menghasilkan simbol yang Anda cari. Seperti contohnya jika Anda mencari simbol sudut derajat maka karakternya terdapat pada sel AA12 yang mengacu pada sel K12 berisi angka 176 (Anda double-klik atau menekan tombol F2 pada keyboard untuk menampilkan rumus pada sel AA12).

Dengan demikian rumus teks 'Sudut 120°' kini dapat dihasilkan berdasarkan bilangan karakter 176 yang telah diketahui dengan menggunakan rumus berikut pada sel yang Anda kehendaki:
="Sudut 120"&CHAR(176)

Membuat Daftar Simbol Fungsi CHAR berdasarkan Heading Baris Sel

Metode lainnya yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan keseluruhan simbol yang tersedia pada komputer yaitu menjadikan fungsi ROW sebagai argumen fungsi CHAR:
  1. Buka Sheet baru.
  2. Blok sel A1 ke bawah hingga sel A255.
  3. Ketik rumus: =CHAR(ROW()) pada formula bar, lalu akhiri dengan menekan tombol Ctrl+Enter pada keyboard secara bersamaan.
Anda kini dapat menemukan bilangan simbol yang Anda cari berdasarkan nomor heading baris sel.