Apabila terdapat suatu daftar atau tabel yang ingin Anda acak urutannya, maka Anda tentunya tidak akan menemukan satu pun menu dalam Excel untuk mengacak barisan sel atau tabel tersebut. Namun masih terdapat rumus dalam Excel yang dapat Anda manfaatkan sebagai cara mengacak data di Excel yaitu dengan menggunakan fungsi RAND. Dengan menambahkan kolom yang berisi nilai yang dihasilkan oleh fungsi tersebut, Anda dapat mengacak urutan baris daftar/tabel berdasarkan kolom nilai RAND.


Tip singkat berikut ini akan menjelaskan cara yang dapat Anda ikuti untuk mengacak urutan baris pada suatu daftar atau tabel dalam Excel dengan mengurutkan daftar tersebut sesuai dengan kolom sementara berisi fungsi RAND seperti contoh yang ditunjukkan pada gambar di atas.
  1. Letakkan pointer pada sel A3 lalu masukkan rumus sementaranya: =RAND() 
  2. Letakkan kembali pointer pada sel A3 kemudian arahkan kursor di sudut kanan bawah sel A3, lalu double-klik sudut tersebut untuk menyalin rumus di samping tabel secara otomatis.
  3. Letakkan pointer di sel manapun pada kolom A yang berisi bilangan.
  4. Klik-kanan lalu pilih menu Sort > Sort Smallest to Largest atau Sort Largest to Smallest.
  5. Klik heading A dan hapus isi kolom sementara tersebut.
Anda ingin membuat nomor urut tetap berurutan meskipun urutannya diacak (disortir) bahkan disembunyikan dengan filter Excel? Simak selengkapnya dalam postingan Cara Mengurutkan Nomor di Excel dengan Rumus Subtotal dalam Tabel