Tips Excel Memperpanjang Deretan Bilangan Secara Otomatis

Dalam Excel, terdapat cara yang sangat mudah untuk menghasilkan suatu deretan/urutan bilangan dengan otomatis yaitu menggunakan fitur Auto Fill. Penggunaannya pun dapat dilakukan melalui beberapa cara dan digunakan pada teks yang diakhiri dengan suatu bilangan serta menampilkan urutan waktu (tanggal, minggu, bulan atau tahun). Selain dapat menghasilkan jenis bilangan tertentu (bilangan biasa, ganjil atau genap), Auto Fill juga dapat memprediksi urutan bilangan selanjutnya.


Menghasilkan Deretan Bilangan Biasa

  1. Ketik angka 1 di sel A1 dan angka 2 di sel A2.
  2. Blok kedua sel tersebut.
  3. Arahkan kursor ke sudut kanan bawah sel terakhir yang diblok (A2), saat kursor berubah menjadi tanda plus (+), tekan dan tahan (drag) mouse hingga ke bawah sepanjang sel pada kolom yang akan Anda hasilkan deretan bilangan.


Menghasilkan Deretan Bilangan Ganjil

Untuk deretan bilangan ganjil, ketik angka 1 di sel A1 dan angka 3 di sel A2, kemudian lakukan cara seperti di atas dimulai dari tahapan nomor 2.


Menghasilkan Deretan Bilangan Genap

Sama pula seperti di atas hanya saja angka 2 diketik pada sel A1 dan selanjutnya angka 4 di sel A2.

Disamping itu, Excel tidak mengharuskan Anda untuk mengurutkan bilangan dari angka 0 atau 1, baik angka ganjil maupun angka genap lainnya pun dapat dihasilkan apabila sedikitnya ada satu sel di bawahnya yang berisi angka lain sebagai kelanjutannya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Menampilkan Deretan Bilangan Pada Teks yang diakhiri dengan Angka

Sel A2 berisi teks 'Hari ke 31' dan fitur Auto Fill dapat menyelesaikannya dengan otomatis.


Menghasilkan Deretan Waktu

Jika terdapat satu sel berisi waktu, Auto Fill pun akan membuat deretan waktu berikutnya. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Adapun format sel waktu menggunakan format Custom [$-421]dddd, dd mmmm yyyy;@ untuk menghasilkan waktu pada sel B2 contohnya 'Senin, 07 Maret 2016'.


Setelah Anda drag sel A2, terdapat icon 'Auto Fill Options' di sebelah kanan bawah sel terakhir yang di-copy. Melalui fitur ini, Anda dapat memilih jenis deretan waktu yang akan dihasilkan contohnya 'Fill Weekdays' menampilkan urutan hari kerja (Senin-Jumat).

Prediksi Deretan Bilangan

Excel dapat meneruskan deretan bilangan berdasarkan kecenderungan nilai yang dihasilkan secara lurus sehingga berguna untuk memprediksi nilai atau hanya digunakan untuk mengisi sel yang kosong saja.