Rumus Excel Mencari Data Berdasarkan Dua Kolom

Untuk menemukan data pada suatu barisan sel/tabel, selain dapat Anda lakukan dengan mengacu pada satu kolom, Anda juga dapat menentukan acuan dari dua jenis kolom apabila terdapat dua atau lebih nilai yang sama dalam salah satu kolomnya. Hal ini kurang efisien jika dilakukan dengan fungsi VLOOKUP karena Anda harus membuat tabel baru untuk menggabungkan kedua kolom tersebut menjadi satu kolom dikarenakan fungsi VLOOKUP hanya dapat digunakan untuk satu kolom acuan saja pada suatu tabel, namun tip berikut ini akan menjelaskan cara yang lebih baik untuk menanganinya.

Seperti contoh yang terlihat pada gambar di bawah ini, dimana yang akan dicari adalah banyaknya campuran gula pasir yang dipakai jika terdapat dua gula pasir pada masing-masing kulit maupun isi dari suatu hidangan makanan.


Sel H2 menunjukkan acuan pada kolom 'Bagian', sedangkan kolom 'Bahan' mengacu pada sel H3. Adapun rumus yang dapat Anda gunakan adalah dengan cara menggabungkan sel H2 dan H3 untuk selanjutnya dapat dilakukan pencarian kedua teks tersebut menggunakan susunan rumus array agar dicocokkan pada gabungan barisan sel yang disorot yaitu sel B3:B23 dan sel C3:C23.

Sel H4 berisi rumus array menggunakan fungsi INDEX dan MATCH sebagai argumennya di bawah ini, sehingga setelah Anda memasukkan rumus, Anda harus menekan tombol Ctrl+Shift+Enter (jangan menekan tombol Enter saja) agar rumus dapat menghasilkan output yang tepat:
=INDEX(E3:E23,MATCH(H2&H3,B3:B23&C3:C23,0))