Excel hanya menyediakan menu 'Text to Columns' (yang terdapat pada menu ribbon Data > Data Tools) untuk memisahkan kalimat ke dalam tiap sel sepanjang kolom. Menu ini selain dapat digunakan untuk memisahkan kalimat sebatas spasi, karakter/tanda penghubung seperti tab, titik-koma, koma dan sebagainya dapat pula digunakan sebagai pembatas kata demi kata dalam kalimat tersebut. Seperti contoh nama beserta gelar yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.


Tip singkat berikut ini akan mempertunjukkan cara memecah kalimat ke dalam tiap sel sepanjang kolom atau baris secara manual dengan menggunakan rumus LEFT, RIGHT, LEN dan FIND. Untuk dapat menghasilkan kata ke dalam tiap sel tersebut diperlukan sebuah rumus bantu yang akan dijadikan sebagai acuan. Adapun acuan yang digunakan adalah kalimat yang dihapus kata pertamanya saja agar dapat dihasilkan kata yang dipisahkan pada sel lainnya dan selanjutnya kedua rumus tersebut disalin hingga sepanjang kolom atau baris.

Rumus Excel Memecah Kalimat Ke Dalam Tiap Sel Kolom

Pada contoh gambar di bawah ini, sel A1 berisi suatu kalimat dan sel A2 berisi rumus: =A1. Pada sel B2 terdapat rumus bantu yang digunakan adalah:
=RIGHT(A2,LEN(A2)-LEN(A3))
Sel A3 berisi output dengan rumus:
=IF(IFERROR(LEFT(A2,LEN(A2)-(LEN(A2)-FIND(" ",A2))),A2)=0,"",IFERROR(LEFT(A2,LEN(A2)-(LEN(A2)-FIND(" ",A2))),A2))
Sel A3 disalin ke sel B3, kemudian sel B2 dan B3 diblok untuk disalin sepanjang kolom.


Rumus Excel Memecah Kalimat Ke Dalam Tiap Sel Baris

Sel A2 yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini berisi rumus bantu:
=RIGHT(A1,LEN(A1)-LEN(B2))
Sel B2 adalah output yang rumusnya:
=IF(IFERROR(LEFT(A1,LEN(A1)-(LEN(A1)-FIND(" ",A1))),A1)=0,"",IFERROR(LEFT(A1,LEN(A1)-(LEN(A1)-FIND(" ",A1))),A1))
Sel A2:B2 selanjutnya diblok dan disalin hingga sepanjang baris.