Rumus Excel Konversi Ukuran Kaki & Inci ke Meter

Melanjutkan pembahasan sebelumnya mengenai konversi suatu nilai ukuran panjang dari satuan Metrik ke dalam Imperial pada posting Rumus Excel Konversi Ukuran Meter ke Kaki & Inci, maka tip berikut ini akan menjelaskan konversi kebalikannya yaitu nilai dari satuan Imperial menjadi satuan Metrik.


Pada bilangan 3' 3.37" atau dibaca 3 kaki, 3.37 inci terdiri atas dua bilangan yaitu bilangan bulat dengan satuan kaki (ft) dengan tanda petik satu dan bilangan desimalnya yang telah dikonversi menjadi satuan inci diakhiri dengan tanda petik dua.

Untuk menguraikan format bilangan seperti di atas maka Anda dapat melakukan perhitungan dengan cara mengubah bilangan desimal dengan satuan inci tersebut ke dalam satuan kaki agar dapat dengan mudah Anda tambahkan pada bilangan bulatnya yang mana satuannya adalah kaki.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara menyusun fungsi MID (digunakan untuk mengambil karakter dimulai dari tengah-tengah rangkaian karakter pada suatu sel) yang terdiri atas 3 buah argumen yakni sel yang berisi karakter, letak karakter awal, dan jumlah karakter yang akan dihasilkan.

Dalam menghasilkan posisi karakter awal yang tepat, Anda dapat memanfaatkan fungsi untuk mengidentifikasi tanda petik satu yang menunjukkan satuan kaki (ft) yakni fungsi FIND kemudian menambah 1 karakter lagi di depannya untuk menyertakan spasi, sehingga dapat disusun menjadi rumus di bawah ini yang dapat menghasilkan angka 3 sebagai penentu letak karakter awal:
=FIND("'",B1)+1
Sedangkan jumlah karakter yang akan dihasilkan dapat diperoleh dengan cara mengetahui perolehan selisih antara jumlah keseluruhan karakter yang terdapat pada suatu sel (menggunakan fungsi LEN) dengan jumlah karakter lainnya dalam hal ini karakter bilangannya saja tanpa menyertakan tanda petik satu atau tanda petik dua yang terdapat dalam sel (menggunakan fungsi FIND). Setelah kedua bilangan tersebut didapatkan selanjutnya Anda kurangi dengan angka 1 untuk menghilangkan tanda petik dua. Sehingga rumus disusun menjadi:
=LEN(B1)-FIND("'",B1)-1
Kedua rumus yang menghasilkan nilai dengan satuan inci di atas kini dapat Anda gabungkan dan konversikan ke dalam satuan kaki dengan cara membagi nilai tersebut dengan angka 12 (mengingat bahwa 1 kaki/ft = 12 inci). Rumus ini adalah rumus (1) yang Anda buat:
=MID(B1,FIND("'",B1)+1,LEN(B1)-FIND("'",B1)-1)/12
Langkah berikutnya yaitu mengambil bilangan dengan satuan kaki saja. Anda dapat menggunakan fungsi LEFT dengan dibantu fungsi FIND sebagai argumennya untuk menentukan jumlah karakter yang diambil berdasarkan pencarian terhadap tanda petik satu lalu Anda kurangi jumlah karakter dengan angka 1 agar dapat menghapus tanda petik satu tersebut. Sehingga rumus (2) yang disusun adalah:
=LEFT(B1,FIND("'",B1)-1)
Dengan demikian rumus (1) dan (2) dapat Anda jumlahkan sehingga hasilnya dapat dikalikan dengan angka 12 inci. Adapun susunannya dapat Anda tuliskan pula seperti di bawah ini sebagaimana contoh pada gambar di atas dalam sel B2:
=(LEFT(B1,FIND("'",B1)-1)+((MID(B1,FIND("'",B1)+1,LEN(B1)-FIND("'",B1)-1))/12))*12
Pada sel B3, fungsi CONVERT untuk mengubah satuan inci ke dalam meter dapat digunakan dengan menyertakan fungsi ROUND untuk menetapkan akurasi angka dengan cara membulatkannya menjadi angka dua desimal:
=ROUND(CONVERT(B2,"in","m"),2)
Dari uraian tersebut di atas, maka rumus konversi ukuran kaki & inci menjadi meter dapat digabungkan menjadi mega-formula dengan susunan sebagai berikut:
=ROUND(CONVERT((LEFT(B1,FIND("'",B1)-1)+((MID(B1,FIND("'",B1)+1,LEN(B1)-FIND("'",B1)-1))/12))*12,"in","m"),2)