Cara Mengisi Suatu Daftar Yang Kosong Dalam Excel

Tip singkat berikut ini akan menjelaskan cara yang lebih efisien dalam mengisi kekosongan suatu barisan sel berdasarkan beberapa baris data entri pada suatu kolom. Tip ini mungkin dapat Anda gunakan untuk menangani suatu worksheet yang terlihat seperti contoh pada gambar yang ditunjukkan di bawah ini, Kolom 'Bagian' atau kolom B berisi beberapa baris data entri yang kosong. Dengan kondisi seperti ini, Anda tidak dapat mengurutkan daftar pada barisan sel tersebut.


Langkah-langkah berikut ini dapat Anda gunakan terutama pada suatu daftar dengan jumlah yang sangat banyak:
  1. Blok sel B3:B23.
  2. Pilih menu ribbon Home > Editing > Find & Select > Go To Special...
  3. Pada kotak dialognya, pilih 'Blanks' untuk menyoroti sel yang kosong lalu klik OK.
  4. Ketik rumus: =B3 pada formula bar.
  5. Blok kembali sel B3:B23 untuk mengubah rumus tersebut menjadi teks biasa. Klik kanan > Copy atau tekan tombol Ctrl+C pada keyboard.
  6. Klik kanan > Paste Special... > Values.
Apabila daftar yang Anda temukan sedikit jumlahnya dan lebih mudah dijangkau, terdapat menu Fill > Down (melalui menu ribbon Home > Editing) yang dapat Anda gunakan. Dengan terlebih dahulu Anda blok sel yang akan disalin beserta sel yang kosongnya. Disamping itu, terdapat cara yang otomatis yaitu arahkan kursor di sudut kanan bawah sel yang akan disalin hingga kursor tersebut berubah menjadi '+' lalu Anda double-klik sudutnya.