Cara Memindahkan atau Menyalin Tabel Excel Ke Sheet Lainnya

Tip singkat berikut ini merupakan teknik memindahkan atau menyalin konten/tabel pada suatu barisan sel yang dapat dilakukan dari dalam sheet maupun ke luar sheet yang berbeda secara mudah dan cepat. Teknik ini dalam Excel lebih dikenal dengan istilah 'drag-and-drop' yang dapat dilakukan dengan mouse dan keyboard.

Kegunaan fitur ini pada awalnya telah aktif di dalam Excel, namun Anda dapat menon-aktifkannya bila tidak diperlukan yaitu melalui menu Excel Options atau Options > Advanced > Editing options > Enable fill handle and cell drag-and-drop, kemudian Anda hilangkan tanda centangnya.

Memindahkan Sel atau Barisan Sel

  1. Letakkan pointer pada sel atau blok barisan sel/tabel yang akan dipindahkan.
  2. Arahkan kursor mouse tepat di bagian tepi sel yang disorot tersebut, saat panah kursor berubah (di belakangnya terdapat simbol 4 arah panah berlawanan), Anda klik tahan dan geser (drag) sel atau barisan sel ke sel lain yang dikehendaki.
  3. Jika Anda ingin memindahkannya pada sheet lain, saat Anda drag sel tersebut, tekan tombol Alt pada keyboard dan jangan dulu dilepaskan.
  4. Arahkan kursor pada tab sheet yang Anda inginkan (misalnya sheet yang masih kosong) lalu Excel mengganti layar sheet yang telah Anda pilih, kemudian Anda tentukan posisi sel/barisan sel tersebut dimana akan Anda tempatkan. Setelah Anda menempatkannya, lepaskan tombol mouse dan tombol Alt keyboard. 

Menyalin Sel atau Barisan Sel


Sama seperti langkah diatas, namun untuk menyalin sel diperlukan paduan tombol Ctrl dan Alt pada keyboard bersamaan sambil Anda drag sel/barisan sel. Seperti contoh yang ditunjukkan pada gambar di atas, tabel dalam Sheet1 yang akan disalin hanya kolom A dan B saja ke Sheet2. Anda dapat memilih tiga kolom tabel tersebut (No., A dan B) atau semua kolom tabel, kemudian Anda klik heading kolom sel yang tidak diperlukan kemudian klik kanan > Delete untuk menghapus konten sel beserta format tabelnya.