Cara Membuat Watermark Dalam Excel

Excel tidak menyediakan fitur watermark (tanda/cap air) sebagaimana yang biasa dapat dilakukan pada Microsoft Word seperti contoh yang dipertunjukkan pada gambar di bawah ini dimana Anda dapat menyesuaikan jenis watermark sesuai dengan yang dikehendaki.


Idealnya watermark selalu ditempatkan di belakang halaman printout sehingga apabila Anda menyisipkan objek untuk dijadikan watermark ke dalam Excel maka hal tersebut tidak memungkinkan karena objek tidak dapat ditempatkan di belakang sel yang berisi suatu bilangan atau teks.

Tip berikut ini akan menjelaskan langkah-langkah dalam menampilkan watermark tersebut dalam Excel dengan cara membuat watermark menggunakan WordArt. Adapun objek WordArt tersebut disimpan ke dalam format BMP, JPG atau PNG menggunakan aplikasi Paint dalam Windows kemudian disisipkan pada Header halaman Excel.

Dalam contoh saya menggunakan Excel versi 2007, namun Anda dapat pula melakukannya pada versi-versi setelahnya.

Langkah Pertama: Membuat WordArt Dalam Excel

  1. Buka ribbon Insert > Text > WordArt lalu pilih jenis teks manapun.
  2. Ubah format WordArt agar terlihat menyerupai watermark aslinya dengan menyesuaikan 'WordArt Styles'. Dalam contoh di bawah ini saya menggunakan Text Fill dan Text Outline: White, Background 1, Darker 15%; Text Effects: Shadow > No Shadow; dan jenis font dinonaktifkan Bold-nya.
  3. Ganti tulisan pada WordArt dengan kata 'CONTOH'.
  4. Miringkan/putar WordArt secukupnya (drag bulatan hijau pada WordArt ke arah kiri).
  5. Tekan CTRL+C pada keyboard atau klik kanan > Copy untuk menyalin WordArt pada aplikasi editing gambar seperti Paint.
  6. Tekan tombol 'Minimize' untuk menampilkan Desktop.


Langkah Kedua: Menyimpan Gambar Melalui Editor Gambar

  1. Buka aplikasi Paint, lalu pilih menu Edit > Paste.
  2. Sesuaikan gambar sebagaimana mestinya.
  3. Simpan file gambar tersebut dengan menekan CTRL+S pada keyboard, berikan nama lalu klik Save.
  4. Tutup aplikasi Paint tersebut.


Langkah Ketiga: Menyisipkan Watermark Pada Halaman Printout Excel

  1. Buka kembali aplikasi Excel, lalu pilih menu View > Workbook Views > Page Layout.
  2. Hapus WordArt yang telah Anda ubah menjadi file gambar, kemudian klik pada 'Click to add Header' lalu pada ribbon tab Design > Header & Footer Elements klik 'Picture'.
  3. Masukkan gambar yang telah Anda buat tadi, lalu klik 'Insert'.


Gambar kini telah berhasil disematkan pada halaman print Excel ditandai dengan tulisan '&[Picture]' pada header halaman namun masih memerlukan beberapa penyesuaian letak dan ukuran watermark tersebut.
  1. Klik menu Zoom pada Status bar, lalu perkecil pandangan layar misalnya 25%.
  2. Klik header dan tempatkan kursor sebelum tulisan '&[Picture]' lalu tekan tombol ENTER pada keyboard beberapa kali menurut perkiraan Anda agar posisi watermark tergeser hingga ke tengah halaman.
  3. Untuk mengubah ukuran watermark, klik kembali header halaman lalu klik 'Format Picture' (ribbon tab Design > Header & Footer Elements).
  4. Pada kotak dialognya perbesar ukuran persentase gambar dalam kotak isian 'Height:' dibawah tulisan 'Scale' lalu klik OK. 
Selain tulisan, Anda dapat pula menyisipkan watermark berupa gambar, logo atau foto dari komputer Anda dimulai dari tahapan pada langkah ketiga tersebut di atas.