Menu Subtotal jarang sekali digunakan oleh kebanyakan orang, dikarenakan telah terbiasa menampilkannya secara manual dengan menggunakan fungsi SUM pada masing-masing kategorinya. Namun, apabila Anda menangani suatu daftar yang sangat panjang tentunya akan menyita cukup banyak waktu Anda. Tip berikut ini akan menjelaskan kegunaan Subtotal yang dapat Anda manfaatkan untuk menangani hal tersebut secara efisien.
Untuk membuat subtotal dalam daftar, pastikan agar daftar tersebut telah memiliki masing-masing judul kolom pada baris pertamanya dan data dalam daftar tersebut telah memuat keterangan yang jelas untuk setiap barisnya dan tidak menyisakan barisan sel yang kosong. Seperti contoh yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, dimana kolom 'Kategori Pekerjaan' digunakan sebagai petunjuk untuk Excel agar dapat mengolah data tersebut dengan otomatis.
Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menampilkan Subtotal:
- Blok barisan sel yang berisi daftar (dalam contoh: sel A1:F17).
- Buka ribbon Data > Outline > Subtotal.
- Pada kotak dialog Subtotal, pilih 'Kategori Pekerjaan' pada kotak pilihan dibawah 'At each change in:'.
- Pilih 'Sum' pada kotak pilihan 'Use function:'.
- Tandai centang pada kolom nilai yang akan di-subtotal (dalam contoh: Jumlah) lalu klik OK.
Menambahkan Baris pada Daftar Subtotal
Jika Anda ingin menambahkan satu atau beberapa baris pada daftar, maka Excel akan menghitung nilai subtotal dan grand total dengan otomatis, seperti yang dipertunjukkan pada gambar di bawah ini yang membuat baris tambahan pada kategori A:- Klik kanan Sel 'A Total' Pilih Insert... untuk menampilkan kotak dialognya.
- Pilih 'Entire row' lalu klik OK.
- Masukkan nilai pada setiap kolomnya kecuali kolom 'Jumlah'.
0 Comments