Cara Cepat Menyalin Sheet Dalam Excel

Dalam Excel, worksheet dapat dipindahkan atau disalin melalui kotak dialog 'Move or Copy'. Namun tidak tersedia pada ribbon atau shortcut keyboard untuk dapat menampilkannya. Worksheet hanya dapat menampilkan kotak dialog tersebut dengan cara klik kanan pada tab sheet yang akan dipindahkan atau disalin.

Melalui kotak pilihan 'To book:' di bawah tulisan 'Move selected sheet', Anda dapat menentukan ke file manakah sheet tersebut akan dipindah atau disalin. Jika Anda hanya ingin memindahkan atau menyalin sheet dalam workbooknya sendiri, maka cukup dengan menentukan pilihan dimanakah sheet tersebut akan ditempatkan sebelum sheet yang terdapat pada kotak pilihan 'Before sheet:'. Dengan menandai centang pada 'Create a copy', setelah Anda klik OK, maka sheet telah tersalin dengan nama sheet salinan yang diakhiri dengan bilangan dalam tanda kurung.


Tip singkat berikut ini akan mempertunjukkan cara cepat menyalin sheet tanpa harus membuka kotak dialog 'Move or Copy' seperti pada gambar di atas yaitu dilakukan dengan menggunakan teknik drag sebagai berikut:
  1. Tekan tombol CTRL pada keyboard dan jangan dilepas dahalu sambil Anda arahkan kursor pada sheet yang akan disalin.
  2. Klik tahan dan geser sheet tersebut sesuai dengan posisi yang ditunjukkan oleh icon segitiga kecil.
  3. Setelah itu, lepaskan tombol mouse terlebih dahulu diikuti dengan melepas tombol CTRL untuk menghasilkan salinan sheet.