Trik Membuat Nomor Urut Alfabet Dengan Rumus Excel

Jika Anda sering melakukan kesalahan contohnya dalam pengisian/entri data nomor urut berdasarkan huruf alfabet, mungkin tip singkat berikut ini dapat Anda gunakan agar dapat menghindari kesalahan tersebut dan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih efisien. Mengingat tidak ditemukannya menu tertentu yang dapat mengurutkan huruf alfabet secara otomatis dalam Excel, maka Anda dapat memanfaatkan suatu formula yaitu fungsi CHAR.

Fungsi CHAR akan menghasilkan jenis karakter yang berbeda menurut masing-masing nomornya yaitu mulai dari 1 hingga 255. Untuk huruf besar/kapital dimulai dengan huruf A dan nomor karakternya adalah 65, sedangkan huruf kecil a nomornya 97.

Langkah Pertama: Membuat Nomor Urut Biasa

Anda dapat membuka worksheet baru kemudian untuk memulai penomoran alfabet diperlukan nomor urut biasa dalam Excel dengan cara sebagai berikut:
  1. Isi sel A1 dengan angka 0 lalu tekan Enter.
  2. Letakkan pointer pada sel A1 kemudian arahkan kursor mouse Anda pada sudut kanan bawah kotak pointer hingga kursor berubah menjadi tanda + berwarna hitam.
  3. Klik dan tahan sambil Anda geser (drag) mouse hingga baris ke 26. maka Angka 0 telah tersalin pada tiap-tiap sel.
  4. Setelah itu tepatnya di sudut kanan bawah sel A26 terdapat icon 'Auto Fill Options' (seperti yang terlihat pada gambar di bawah) kemudian Anda klik icon tersebut lalu pilih 'Fill Series'. Nomor urut biasa kini telah berhasil Anda buat. 

Anda juga dapat menekan tombol Ctrl pada keyboard sambil drag mouse (cara No. 3 di atas) untuk menghasilkan nomor urut biasa secara otomatis.

Langkah Kedua: Menggunakan Fungsi CHAR

  1. Letakkan pointer pada sel B1 kemudian ketik rumus: =CHAR(65+A1)&"." lalu tekan Enter. Huruf A telah berhasil ditampilkan.
  2. Copy-kan sel B1 hingga B26 dengan cara drag sudut kanan bawah kotak pointer pada sel B2.
  3. Blok sel B1:B26 lalu klik kanan pilih 'Copy'.
  4. Letakkan pointer pada sel A1 lalu klik kanan pilih 'Paste Special...' klik 'Values'.
  5. Klik heading B kemudian tekan tombol 'Delete' pada keyboard.