Trik Excel Nge-Print Barisan Sel Yang Berjauhan Dalam Satu Halaman

Anda tidak akan mungkin menentukan area print pada barisan sel yang letaknya berjauhan. Karena dalam satu halaman, Excel hanya dapat menampilkan satu barisan sel (area) saja dan halaman berikutnya menyesuaikan letak barisan sel yang telah Anda pilih. Seperti contoh worksheet sederhana yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, Tabel A dan Tabel H akan di-print dalam satu halaman dengan menetapkan 'Print area:' B1:F8,T10:X17 menggunakan pengaturan 'Print Titles' pada menu ribbon Page Layout > Page Setup.


Agar dapat menghasilkan printout dalam satu halaman, maka Anda dapat menjadikan barisan sel menjadi suatu gambar dalam Excel dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Blok Tabel A (B1:F8)
  2. Tekan tombol Ctrl+C pada keyboard atau pilih menu ribbon Home > Clipboard > Copy.
  3. Buka Sheet lain yang masih kosong misalnya Sheet2.
  4. Letakkan pointer pada sel misalnya di B2, kemudian buka menu ribbon Home > Clipboard > Klik tombol tulisan Paste (dengan panah kecil menurun) lalu pilih 'As Picture...' dan klik 'Paste Picture Link'. Gambar tabel A telah berhasil dibuat.
  5. Buka kembali Sheet sebelumnya lalu blok Tabel H (T10:X17)
  6. Tekan tombol Ctrl+C pada keyboard.
  7. Buka Sheet2 lalu letakkan pointer pada sel misalnya E2.
  8. Buka menu ribbon Home > Clipboard > Klik tombol tulisan Paste (dengan panah kecil menurun) lalu pilih 'As Picture...' dan klik 'Paste Picture Link'. Hasilnya seperti terlihat pada gambar di bawah ini dan worksheet tersebut dapat Anda print.

Terdapat cara yang lebih efisien untuk menyoroti barisan sel kemudian mengubahnya menjadi suatu gambar yaitu dengan mengaktifkan menu Excel yaitu Camera, namun sayangnya menu ini tersembunyi dan tidak berlaku suatu tombol pintas sehingga harus Anda tampilkan melalui toolbar Quick Access:
  1. Klik tombol panah kecil menurun (di sudut kiri atas Excel) untuk menampilkan menu 'Customize Quick Access Toolbar' pilih 'More Commands...' sehingga ditampilkan kotak dialog Excel Options.
  2. Pada menu drop-down di bawah tulisan 'Choose commands from:' pilih 'Commands Not in the Ribbon'.
  3. Temukan dan klik 'Camera' diantara pilihan di bawahnya kemudian klik tombol 'Add >>'.
  4. Klik OK.