Trik Excel Mengubah Kotak Komentar Pada Sel Menjadi Obyek Shape

Sel yang berisi komentar biasanya berbentuk kotak berwarna kekuning-kuningan, akan tetapi Anda dapat mengubahnya menjadi obyek shape yang Anda sukai dengan menggunakan perintah 'Change Shape'. Mungkin dikarenakan alasan tertentu, Excel tidak menampilkan perintah tersebut ke dalam menu ribbon agar dapat dengan mudah Anda gunakan. Namun, Anda tetap dapat mengaktifkannya melalui toolbar Quick Access.



Anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut untuk mengubah kotak komentar pada sel menjadi suatu obyek shape dengan berbagai pilihan bentuk dan warna yang Anda kehendaki.
  1. Buat workbook baru.
  2. Tambahkan komentar pada sel manapun dan pastikan agar sel dapat terlihat dengan mengaktifkan menu 'Show All Comments' pada menu ribbon Review > Comments.
  3. Langkah berikutnya adalah menambahkan perintah 'Change Shape' ke dalam toolbar Quick Access. Klik menu 'Customize Quick Access Toolbar' (berupa icon strip dan panah kecil menurun di sudut kiri Excel) kemudian pilih 'More Commands...'.
  4. Pada menu drop-down di bawah 'Choose commands from:', pilih 'Drawing Tools | Format Tab', lalu pada pilihan yang tersedia di bawahnya, pilih 'Change Shape' dan klik tombol 'Add >>'.
  5. Klik OK.
  6. Klik bagian tepi kotak komentar lalu buka menu icon 'Change Shape' pada toolbar Quick Access kemudian pilih shape yang Anda sukai (Basic Shapes, Block Arrows, Flowchart, Callouts atau Stars and Banners),
  7. Untuk mengubah warna atau jenis garis shape, maka Anda klik-kanan bagian tepi shape komentar lalu pilih 'Format Comment...' klik tab 'Colors and Lines'. Sesuaikan menurut yang Anda sukai.