Trik Excel Agar Obyek Sisipan Tidak Dapat Di-Print

Dalam Excel, Anda dapat menyisipkan tiga jenis obyek ke dalam worksheet yaitu Ilustrasi, Bagan/Grafik dan Obyek Teks. Ilustrasi adalah gambar, foto, bentuk ilustrasi maupun grafik lainnya yang dapat diakses melalui menu ribbon Insert > Illustrations. Anda juga dapat menyisipkan Bagan/Grafik atau Diagram seperti bagan batang, bagan garis, bagan bulat, bagan balok, bagan bidang, diagram tebar, dan bagan lainnya yang terdapat dalam menu ribbon Insert > Charts. Selain itu, terdapat pula menu ribbon Insert > Text untuk menyisipkan Text Box yang dapat Anda posisikan dimana saja pada area worksheet, WordArt berisi pilihan teks yang cukup menarik dan Object yaitu obyek yang disematkan ke dalam worksheet seperti Audio atau Video dan sebagainya.

Ketiga obyek atau properti di atas pada umumnya dapat pula disertakan ke dalam hasil printout. Namun, jika Anda tidak memerlukannya, maka Excel telah menyediakan pilihan pengaturan berupa kotak kecil 'Print Object' yang pada awalnya telah ditandai ceklis, sehingga mengharuskan Anda untuk menghilangkan tanda ceklis tersebut.


Tip berikut ini akan menjelaskan cara untuk menemukan letak pilihan 'Print Object' agar obyek tidak dapat di-print:
  • Klik obyek ilustrasi atau bagan yang telah Anda buat.
  • Buka menu ribbon Drawing Tools > Format klik kotak panah kecil di sudut tab 'Size' untuk menampilkan kotak dialog 'Size and Properties'.
  • Klik tab 'Properties' maka Anda akan menemukan pilihan 'Print Object' kemudian Anda hilangkan tanda ceklisnya seperti yang terlihat pada gambar di atas.
  • Klik Close untuk menutup kotak dialog.