Rumus Excel Konversi Kalender Masehi ke Kalender Hijriyah

Excel tidak menyediakan formula maupun menu khusus untuk melakukan konversi Kalender Masehi ke Kalender Islam atau Kalender Hijriyah demikian pula sebaliknya. Namun, melalui workbook yang disusun murni dengan formula Excel tanpa menggunakan Macro VBA yang akan saya bagikan ini mungkin dapat Anda gunakan sebagaimana mestinya.


Harap isi tanggal, bulan dan tahun masehi atau hijriyah pada sel yang telah ditandai (berwarna kuning). Untuk pengisian tahun masehi pisahkan angka tahun dengan mengisi 2 digit angka pada masing-masing sel (sel G5 dan H5).

Kalender Hijriyah ditentukan berdasarkan pengamatan terhadap visibilitas bulan, sehingga memungkinkan adanya perbedaan antara satu atau dua hari dalam hasil penanggalannya. Dengan demikian, untuk dapat melakukan penyesuaian (koreksi) hasil konversi kalender hijriyah, maka Anda dapat mengubah nilai pada sel V3 (sel tersembunyi) dengan menambahkan atau mengurangi nilai tersebut menjadi 1 atau 2 (hari). Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuka sel V3:
  1. Buka menu ribbon Review > Changes > Unprotect Sheet. 
  2. Pastikan seluruh barisan sel ditampilkan dengan cara blok (drag) heading Q hingga ke luar area worksheet yang kosong (seleksi barisan sel yang disembunyikan) lalu klik kanan di dalam kolom Q yang telah diblok, pilih 'Unhide'.
  3. Lakukan cara seperti di atas untuk membuka barisan sel 26 dengan cara blok (drag) heading 26 hingga ke luar area worksheet yang kosong kemudian klik kanan baris 26 pilih menu 'Unhide'.
Silakan Anda download dan bagikan kembali apabila bermanfaat, file excel susunan penghitungan sederhana untuk mengubah penanggalan pada kalender masehi ke penanggalan kalender hijriyah demikian pula dari penanggalan kalender hijriyah ke kalender masehi.
Nama File: konversi-kalender-hijriyah-masehi-bukuyudi.xlsx
Ukuran: 15 KB
Versi: 2007
  1. mas, sudah saya coba tes, koq untuk tahun ke depan, misalkan untuk tahun baru hijriah 1439, kalau lihat di kalender 2017 versi cetak harusnya Tgl 21 September 2017, di kalender versi excel 23 September 2017,gimana cara match nya supaya sama dengan kalender versi cetak untuk tahun ke depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langkah-langkahnya telah saya jelaskan di atas. Anda kurangi saja nilai (pada sel V3) sebanyak jumlah hari yang akan ditetapkan. Terima kasih.

      Hapus