Cara Print Excel Menampilkan Judul Kolom atau Baris Pada Setiap Halaman

Tip berikut ini akan menjelaskan tentang cara nge-print dengan menampilkan judul kolom, baris, maupun keduanya (kolom dan baris) pada setiap halaman yang akan Anda print. Seperti contohnya saat Anda menggunakan perintah Freeze Panes pada menu View > Window yang dapat digunakan untuk menetapkan baris maupun kolom, atau keduanya sebagai judul yang akan tetap ditampilkan pada layar monitor meskipun Anda scroll ke atas, bawah, kiri, atau ke kanan.

Perintah Freeze Panes ini tidak akan mempengaruhi hasil printout, maka jika Anda ingin menghasilkan printout yang dapat menampilkan judul kolom di sebelah kiri halaman dan atau judul baris di bagian atas halaman, Anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Klik tombol icon Page Layout pada Statusbar (di sudut kanan bawah seperti terlihat pada gambar di atas ini yang dilingkari merah). Hal ini dilakukan untuk memastikan kesesuaian tepatnya posisi hasil printout pada kertas yang Anda gunakan.
  2. Buka menu ribbon Page Layout > Page Setup, lalu klik 'Print Titles'.
  3. Pada kotak dialog Page Setup akan ditampilkan tab 'Sheet', di bawah pilihan 'Print titles' terdapat kotak isian di sebelah tulisan 'Rows to repeat at top:' maupun 'Columns to repeat at left:'. Jika Anda ingin menampilkan judul baris yang akan Anda pilih di bagian atas halaman, maka Anda klik tombol kotak kecil di sudut kotak isian 'Rows to repeat at top:' kemudian arahkan kursor (berupa icon panah mengarah ke kanan berwarna hitam) tepat pada judul baris yang Anda kehendaki lalu klik baris tersebut dan tekan Enter untuk kembali menampilkan kotak dialog Page Setup. 
  4. Klik OK untuk menutup kotak dialog dan melihat hasilnya.
Scroll worksheet ke bawah dan pastikan judul baris telah tampil pada setiap halaman yang akan Anda print, setelah semuanya siap maka Anda bisa langsung mulai nge-print atau melakukan penyesuaian pengaturan lainnya baik pada mesin printer maupun kertas.