Format sel dalam Excel berlaku untuk mengatur jenis bilangan, teks, penyesuaian orientasi konten dalam sel, garis tepi dan arsiran sel, disamping itu terdapat pula pengaturan proteksi sel (yang dapat mengunci atau menyembunyikan sel). Tip singkat berikut ini mungkin berguna bagi  Anda yang ingin memperbaiki, mengganti, atau menghapus format sel dengan cara yang praktis dan efisien.


Dalam Excel, menu Find and Replace tidak hanya berfungsi untuk mencari dan mengganti karakter atau nilai dalam worksheet/workbook, akan tetapi dapat juga dimanfaatkan untuk mengidentifikasi format sel berdasarkan kriteria yang Anda tentukan sendiri. Gambar di atas menunjukkan contoh worksheet sederhana, dimana sel nilai tertinggi berwarna kuning akan dihapus (format selnya saja). Ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Buka kotak dialog Find and Replace (menu ribbon Home > Editing > Find & Select > pilih  Find... atau Replace... atau Anda dapat menekan tombol Ctrl+F atau Ctrl+H pada keyboard.
  2. Klik tombol 'Options >>'.
  3. Terdapat tombol Format... (disertai icon segitiga kecil dan disampingnya terdapat kotak preview dengan tulisan 'No Format Set') sejajar dengan tulisan 'Find what:' beserta kotak isiannya. Anda klik icon segitiga (panah mengarah ke bawah) kemudian pilih 'Choose Format from Cell...'.
  4. Setelah itu kursor berubah menjadi icon (+) berwarna putih disertai icon menyerupai alat tetes/penyedot cairan (pipet), kemudian letakkan kursor tersebut pada salah satu sel berwarna kuning yang akan dijadikan sebagai acuan pencarian misalnya di sel E5.
  5. Kotak dialog Find and Replace kembali ditampilkan, selanjutnya Anda klik icon segitiga di samping tombol 'Format...' pada baris kedua sejajar dengan baris 'Replace with:'. lalu pilih 'Choose Format from Cell...'.
  6. Klik salah satu sel yang tidak diwarnai (berwarna putih) dalam tabel, lalu klik tombol 'Replace All'.
  7. Excel menampilkan konfirmasi telah menyelesaikan pencarian dan jumlah perubahan pada setiap sel yang dimaksud. Klik OK dan klik Close untuk menutup kotak dialog.