Cara Menambahkan Simbol Akar Ke Dalam Sel Excel

Jika Anda ingin menambahkan persamaan matematika seperti contohnya simbol/karakter akar ke dalam suatu sel, maka Anda dapat memanfaatkan menu Symbol yang terdapat pada menu ribbon Insert > Text. Meskipun hasilnya tidak akan mungkin dapat difungsikan sebagai suatu bilangan, namun cara ini berguna apabila Anda misalnya ingin menambahkan penjelasan yang digunakan dalam worksheet untuk menguraikan persamaan tertentu secara spesifik hanya saja ditampilkan sebagai teks/tulisan saja.

Langkah Pertama: Menambahkan Simbol Akar

  1. Masukkan angka misalnya 25 pada sel A1.
  2. Letakkan kursor sebelum angka tersebut pada formula bar.
  3. Buka menu Insert > Text > Symbol untuk menampilkan kotak dialog Symbol.
  4. Pada tab Symbols, pastikan Anda menggunakan font Calibri, klik kotak pilihan 'Subset:', lalu pilih 'Mathematical Operators'. 
  5. Klik simbol akar yang tertulis SQUARE ROOT, Character Code:221A, from: Unicode(Hex).
  6. Klik Insert dan klik Close untuk menutup kotak dialog.

Langkah Kedua: Menambahkan Simbol Garis Atas (Overline)

  1. Letakkan kursor setelah Angka 2 pada formula bar.
  2. Buka kembali kotak dialog Symbol, kemudian klik kotak pilihan 'Subset:', pilih 'Combining Diacritical Marks'.
  3. Klik simbol overline yang tertulis COMBINING OVERLINE, Character Code:0305, from: Unicode(Hex).
  4. Klik Insert dan klik Close.
Simbol garis atas ini hanya dapat dikombinasikan dengan karakter sebelumnya, sehingga Anda harus kembali melakukan cara seperti di atas untuk menambahkan garis atas tersebut pada angka-angka selanjutnya dimulai dengan meletakkan kursor setelah angka 5. Hal ini jauh akan lebih efisien jika Anda salin simbol overline dengan cara membuat simbol tersebut di sel lainnya secara terpisah, dikarenakan angka akan ikut tersalin jika simbol dan angka itu diblok sehingga simbol overline harus disalin kosong (tanpa menyertakan angka sebelumnya).


Agar Anda dapat melakukan penyesuaian font terhadap simbol akar yang terlihat agak terputus dengan garis atas, dapat dilakukan melalui pemilihan jenis, tebal-tipis dan ukuran font lainnya yang lebih tepat menurut pengamatan Anda. Seperti yang terlihat pada gambar di atas, saya memilih font untuk simbol akarnya saja sebagai contoh yaitu 'Freestyle Script' dengan ukuran font 64 yang dicetak tebal (Bold).