Cara Membuat Tanda Peringatan Di Excel

Pada kesempatan sebelumnya, saya telah menjelaskan Cara Membuat Daftar Pilihan Dalam Sel Excel melalui menu 'Data Validation'. Selain dapat digunakan untuk membuat daftar pilihan, menu ini memungkinkan Anda untuk membuat suatu pesan/tanda peringatan dan informasi yang akan muncul setelah Anda maupun pengguna lain melakukan input data atau mengubah data, contohnya seperti tanda peringatan error yang memberitahukan agar Anda dapat mengisi data dengan benar sesuai dengan kriteria yang Anda tetapkan.


Gambar yang terlihat di atas ini menunjukkan contoh data penilaian sederhana terhadap 8 orang siswa yang akan diisi pada kolom 'Nilai' (sel C2:C9). Adapun kriteria yang akan ditetapkan misalnya adalah nilai yang akan dimasukkan harus diantara angka 0 hingga 10, Untuk menghindari kesalahan seperti penulisan angka yang lebih dari 10 maka Anda dapat menetapkan kriteria tersebut menggunakan 'Data Validation' dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Blok Sel C2 hingga C9.
  2. Buka menu ribbon Data > Data Tools > Data Validation.
  3. Pada tab Settings, klik kotak pilihan dibawah 'Allow:' lalu pilih 'Whole number'.
  4. Pastikan agar pilihan 'between' telah terpilih pada kotak isian di bawah menu 'Data:'.
  5. Ketik 0 di kotak isian 'Minimum:' dan 10 pada 'Maximum:'.
  6. Klik tab 'Input Message' kemudian Anda tambahkan judul pesan (pada kotak isian di bawah 'Title:') serta pesan pada kotak isian 'Input message:' yang akan muncul saat sel dipilih/di-klik. Pastikan pula kotak 'Show input message when cell is selected' telah ditandai centang.
  7. Klik tab 'Error Alert', tandai centang kotak 'Show error alert after invalid data is entered' lalu pilih jenis icon tanda peringatan (Stop, Warning atau Information) di bawah 'Style:' sesuai yang Anda kehendaki. Setelah itu masukkan judul dan pesan error pada masing-masing kotak isian.
  8. Klik OK.

Jika terdapat siswa/entri lain yang ingin Anda tambahkan, maka letakkan pointer pada sel C9 kemudian klik kanan > Copy, klik sel C10 lalu klik kanan > Paste Special... klik 'Validation' (seperti contoh pada gambar di atas) dan Anda klik OK.