Trik Excel Menyembunyikan Nilai Di Dalam Sel

Memang cukup disayangkan, Excel tidak memiliki menu untuk menyembunyikan nilai dalam sel tersebut, selain menu untuk menyembunyikan keseluruhan baris dan kolom sel (melalui menu shortcut dengan cara klik-kanan heading baris atau kolom sel lalu memilih menu 'Hide'). Suatu nilai yang berada di dalam sel biasanya dapat pula disembunyikan dengan cara menyesuaikan warna font atau hanya menutupi sel tersebut dengan warna 'Fill' objek Shape dengan menghilangkan garis tepinya (border) agar dapat terlihat sama seperti warna background sel.


Trik berikut ini disajikan sebagai alternatif diantara ketiga pilihan cara yang telah disebutkan di atas yaitu dengan menetapkan penyesuaian format terhadap bilangan sel. Anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Letakkan pointer pada sel/blok barisan sel yang akan disembunyikan.
  2. Buka kotak dialog Format Cells dengan cara memilih menu ribbon Home > Number atau menampilkan menu shortcut (klik-kanan pilih 'Format Cells'), dapat pula dilakukan dengan cara menekan tombol Ctrl+1 (angka satu) secara bersamaan pada keyboard.
  3. Pilih tab Number, kemudian di bawah menu 'Category:' klik 'Custom' lalu ubah nilai pada kotak isian di bawah menu 'Type:' dengan mengetik ;;; (titik koma tiga kali).
  4. Klik OK.
Hasilnya menyerupai cara dengan menyesuaikan warna font, akan tetapi apabila Anda mengubah warna background yang berbeda (melalui menu ribbon Page Layout > Page Setup > Background), maka nilai pada sel tersebut nampak benar-benar telah hilang. Sehingga akan lebih menghemat waktu Anda karena tidak memerlukan lagi penyesuaian terhadap warna font.