Trik Excel Menambahkan Gambar Background dalam Komentar Sel

Excel tidak menyediakan fitur pada menu ribbon maupun menu shortcut (klik-kanan) untuk menyisipkan suatu gambar dalam sel yang telah disematkan dengan sebuah komentar. Namun Anda mungkin tidak menyadari bahwa menu shortcut sebenarnya dapat pula menampilkan pilihan format komentar tersebut jika dilakukan dengan cara yang benar.


Saat Anda klik-kanan tepatnya di dalam kotak komentar, terdapat menu 'Format Comment...' tetapi yang ditampilkan hanya sebuah tab yaitu 'Font'. Untuk menambahkan gambar background dalam komentar sel, Anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Letakkan pointer pada sel yang berisi komentar.
  2. Buka menu ribbon Review > Comments > Edit Comment atau Anda dapat klik-kanan sel tersebut untuk menampilkan menu shortcut kemudian pilih 'Edit Comment'.
  3. Klik-kanan tepat pada bagian tepi kotak komentar lalu pilih 'Format Comment...'.
  4. Kotak dialog Format Comment menampilkan pilihan tab salah satunya tab 'Colors and Lines'.
  5. Di bawah menu Fill klik tombol panah pada kotak 'Color:', lalu pilih Fill Effects.
  6. Pilih tab Picture, kemudian klik tombol 'Select Picture...' untuk menentukan file gambar yang akan Anda jadikan background. Klik Insert.
  7. Jika perlu Anda dapat memberi tanda ceklis pada kotak 'Lock picture aspect ratio' untuk mempertahankan ukuran gambar asli, saat Anda sesuaikan besar kecilnya ukuran kotak komentar.
  8. Klik OK untuk menutup kotak dialog Fill Effects. Gambar dapat juga disamarkan melalui pengaturan scroll bar horizontal pada pilihan 'Transparency:' di bawah menu Fill, klik OK untuk melihat hasilnya.
Lakukan cara kesatu hingga ketiga seperti di atas, jika Anda ingin mengubah komentar sel dengan pilihan pengaturan format lainnya.