Tips Excel Mengatasi Hasil Nilai Yang Salah

Excel mungkin pernah melakukan kesalahan kepada Anda, Tip berikut ini dapat Anda gunakan dalam menangani permasalahan nilai pada suatu barisan sel yang tidak dapat menghasilkan nilai yang tepat. Contoh yang mungkin Anda temukan jika Anda menjumlahkan hasil nilai pecahan ke dalam format bilangan desimal seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.


Sel pada kolom A menggunakan format desimal 2 digit angka, dimana sel A1 hingga A4 merupakan hasil desimal dari bilangan pecahan 1/6 (lihat formula bar). Sedangkan sel A5 merupakan hasil penjumlahan keempat sel di atasnya menggunakan fungsi SUM, namun tampaknya menghasilkan nilai yang salah (seharusnya menghasilkan nilai 0.68).

Agar Excel dapat menghasilkan nilai yang ditampilkan tersebut dengan tepat, maka dapat digunakan dua pilihan cara sebagai berikut:

Membulatkan bilangan

Anda dapat mengubah rumus pada sel A1:A4 dengan menambahkan fungsi ROUND dengan 2 digit angka desimal:
=ROUND(1/6,2)

Mengubah Pengaturan Excel

  1. Buka menu File > Options
  2. Pilih tab Advanced.
  3. Cari dan tandai ceklis pada 'Set Precision As Displayed'.
  4. Selanjutnya akan ditampilkan peringatan 'Data will permanently lose accuracy', Klik OK.
Perlu diingat bahwa mengubah pengaturan Excel ini memiliki pengaruh yaitu jika terdapat suatu nilai tetap (bukan nilai yang dihasilkan dari rumus), maka nilai tersebut akan diubah secara permanen dan tidak mungkin dapat dikembalikan lagi menjadi nilai yang semula.