Cara Menghapus dan Mencegah Excel Membuat Hyperlink dalam Sel

Hyperlink adalah pintasan/tautan internet dalam Excel untuk membuat koneksi terhadap alamat URL web atau alamat e-mail yang dapat dilakukan dengan cara mengetik alamat URL web atau email tersebut pada suatu sel. Setelah Anda menuliskan alamat dengan tepat (ditandai dengan perubahan huruf menjadi warna biru disertai garis bawah) kemudian Anda klik sel tersebut, maka Excel akan menghubungkan alamat URL web atau email yang dituju dengan membuka aplikasi seperti browser Internet maupun aplikasi pengelola email.


Hyperlink mungkin dapat sangat membantu untuk keperluan tertentu, namun terkadang Anda mungkin tidak memerlukannya atau jika hanya ingin mencantumkan alamat email/web tersebut berupa teks saja tanpa menyertakan hyperlink, maka Anda dapat menambahkan tanda petik/apostrof sebelum teks. Hal ini dilakukan karena jika Anda telah terbiasa mengesampingkan hyperlink tersebut setelah meng-enter teks yang berisi alamat URL/email dengan cara membatalkannya (menu Undo atau menekan tombol Ctrl+Z), maka sel tersebut masih dapat diaktifkan sebagai hyperlink.

Pada situasi tertentu mungkin ditemui sekumpulan hyperlink dalam suatu worksheet yang ingin Anda hapus (hyperlink-nya saja). Bagi pengguna Excel 2010 dan setelahnya, Anda dapat menghapus hyperlink pada barisan sel dengan cara blok/memilih sel-sel tersebut kemudian klik kanan dan pilih 'Remove Hyperlinks', namun sayangnya menu ini tidak tersedia bagi pengguna Excel 2007 dan sebelumnya, sehingga mengharuskan Anda untuk menghapus hyperlink pada sel-sel tersebut satu per satu dengan cara meletakkan pointer pada sel (klik dan tekan lama untuk memilih sel hingga kursor berupa 'tangan yang menunjuk' berubah menjadi kursor tanda '+' berwarna putih agar tidak membuka hyperlink) kemudian klik kanan lalu pilih Remove Hyperlink.

Untuk mencegah atau menon-aktifkan hyperlink Anda dapat mengatur konfigurasi menu AutoFormat yang dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  1. Buka kotak dialog Excel Options (File > Options atau Klik tombol Office > Excel Options).
  2. Pilih tab 'Proofing'.
  3. Klik tombol 'AutoCorrect Options...'
  4. Klik tab 'AutoFormat As You Type'.
  5. Hilangkan tanda ceklis hanya pada 'Internet and network paths with hyperlinks'.
  6. Klik OK.