Cara Menampilkan Bilangan Yang Panjang dalam Sel Excel

Dalam Excel, bilangan-bilangan yang panjang (seperti pada nomor KTP, rekening bank, kartu kredit, barcode, dan lain-lain) akan ditampilkan dalam format bilangan perpangkatan yang mengubah sebagian bilangan tersebut menjadi bilangan yang disertai dengan huruf E+ (Bilangan Eksponen). Contoh: jika Anda mengetik pada sebuah sel susunan angka 321654987123 maka formatnya akan menjadi 3.21655E+11 setelah Anda menekan tombol Enter.

Jika Anda ingin menampilkan bilangan panjang tersebut dengan lengkap, maka Anda tentunya mungkin terbiasa mengubah bilangan tersebut menjadi teks dengan cara menyertakan apostrof/tanda petik satu (') pada keyboard di awal bilangan, seperti: '321654987123.

Tanda petik dalam Excel, disamping memiliki kelebihan untuk mengganti bilangan menjadi format teks (meskipun tanda petiknya tidak terlihat), terdapat pula beberapa kekurangan yaitu sering memunculkan tanda berwarna hijau di bagian sudut atas sel (berupa notifikasi error), penggunaannya yang mungkin sedikit merepotkan (apabila Anda harus menangani data input bilangan panjang yang sangat banyak) atau mungkin Anda akan merasa kesulitan jika ingin menghapus tanda petik tersebut (menggunakan menu Find & Select > Replace), bahkan saat sel di-copy pada aplikasi lain seperti Notepad, tanda petik di awal bilangan itu masih juga tidak terlihat.


Tip berikut ini menyajikan alternatif untuk menangani bilangan yang panjang dalam sel Excel yaitu dengan menyesuaikan format sel menjadi 0 atau # (tanda pagar).
  1. Letakkan pointer/blok sel atau heading kolom yang berisi bilangan eksponen atau yang akan diisi bilangan panjang.
  2. Tekan tombol Ctrl+1 pada keyboard untuk menampilkan kotak dialog Format Cells.
  3. Pada tab Number, di bawah menu 'Category:' pilih 'Custom'.
  4. Ketik 0 atau # pada kotak isian 'Type:'. Tekan Enter.
Selain itu, Anda dapat menggunakan format 'Number' (pada menu ribbon Home > Number > Number) dengan menghilangkan angka desimalnya (menu Decrease Decimal).