Cara Impor Data Update Dari Halaman Web Ke Dalam Excel

Excel memungkinkan Anda untuk memperoleh informasi/data terbaru dari suatu halaman web. Tip singkat berikut ini akan menjelaskan cara untuk mengimpor data web tersebut. Sebagai contoh, data yang akan diambil dari halaman web yaitu jadwal sholat dari web PKPU seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.


Anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  • Buka menu Data > Get External Data > From Web.
  • Masukkan alamat URL web yang akan Anda impor melalui kotak isian 'Address:' kemudian klik Go.
  • Klik tanda panah dalam kotak kecil berwarna kuning yang menunjukkan bagian data yang akan diimpor. Setelah Anda klik maka tanda panah tersebut akan berubah menjadi kotak kecil berwarna hijau disertai tanda ceklis. Klik tombol Import.
  • Pada kotak dialog Import Data, tentukan letak sel dalam worksheet.
  • Klik tombol Properties untuk menampilkan kotak dialog External Data Range Properties dan pastikan pilihan 'Enable background refresh' dibawah menu 'Refresh control' ditandai ceklis. Anda pun dapat menyesuaikan sendiri pengaturan data hasil impor tersebut. Klik OK.
  • Simpan file Excel Anda.

Setiap kali Anda membuka data yang telah berhasil diimpor, maka data dapat diperbaharui sesuai dengan data yang berasal dari halaman web aslinya. Anda dapat membuka menu ribbon Data > Connections lalu klik Refresh All atau dengan menekan tombol Ctrl+Alt+F5 pada keyboard.
  1. TEMAN-TEMAN BISA KAH BANTU KAMI CARA BAGAIMANA KITA BUAT DATABASENYA AKU BELUM MENGERTI TENTANG CARA KERJA LAPORAN UNTUK DATA BASENYA

    BalasHapus