Trik Excel Menggabungkan Teks dan Bilangan dalam Satu Sel Bilangan

Pada umumnya menggabungkan teks dan bilangan dalam satu sel dapat Anda lakukan dengan dua cara yaitu menggunakan fungsi TEXT atau dapat pula menggabungkannya dengan menambahkan teks di dalam tanda kutip kemudian menempatkan angka setelah tanda penghubung (&). Namun sel yang dihasilkan berupa teks sehingga sel tersebut tidak dapat digunakan dalam rumus. Sebuah trik berikut ini tersaji bagi Anda yang ingin menampilkan bilangan beserta teks dalam satu sel angka/bilangan yang tentunya tetap dapat dioperasikan dalam rumus Excel.



Seperti terlihat pada contoh gambar di atas, sel A1 dan C1 merupakan sel teks, sedangkan sel B1 adalah sel bilangan yang berisi rumus di bawah ini untuk menghitung jarak sebenarnya terhadap sel E1 (jarak pada peta dalam centimeter) dan sel E2 (skala peta):
=E1*E2/100

Menghasilkan Sel berupa Teks Biasa

Jika Anda ingin menggabungkan sel berupa teks, maka sel A4 disusun untuk menggabungkan nilai yang terdapat pada sel A1, B1 dan C1 dengan menyertakan tanda penghubung (&) juga tanda kutip:
=A1&" "&B1&" "&C1
Anda pun tetap dapat menampilkan bilangan desimal pada sel B1 dengan menambahkan fungsi TEXT seperti yang terlihat pada sel A5:
=A1&" "&TEXT(B1,"0.00")&" "&C1

Trik Menghasilkan Sel berupa Bilangan

Anda perhatikan formula bar (pada gambar di atas) yang berisi susunan rumus pada sel A6 selain menampilkan susunan teks, sel tersebut tetap menghasilkan nilai berupa bilangan. Hal ini dapat dilakukan dengan menyusun format sel bilangan (Number):
  • Tempatkan pointer pada sel A6
  • Klik kanan > Format Cells...
  • Pilih 'Category:' Custom, kemudian pada isian 'Type:' ketik:
"Jarak sebenarnya: "0.00" meter."
  • Klik OK
  • Tambahkan rumus berikut pada sel A6:
=E1*E2/100
Setelah Anda menerapkan rumus pada sel bilangan (sel A6) tersebut, maka nilaipun akan dihasilkan sesuai dengan format yang telah Anda tetapkan.