Anda mungkin seringkali mencatat suatu daftar yang telah dituliskan sebelumnya, sehingga banyak ditemukan teks maupun bilangan yang sama/duplikat dalam urutan daftar yang Anda buat. Tip berikut ini mungkin dapat membantu Anda untuk mendapatkan informasi yang tepat dalam menghitung jumlah teks maupun bilangan yang telah tercatat dengan mengecualikan data-data yang duplikat tersebut.


Menjumlahkan Teks dan Bilangan Yang Tidak Sama

Gambar di bawah ini menunjukkan contoh daftar alat pada kolom C yang dihitung menggunakan rumus array pada sel D25.


  • Salin rumus berikut:
=SUM(1/COUNTIF(C4:C23,C4:C23))&" buah."
  • Kemudian tekan tombol Ctrl+Shift+Enter secara bersamaan pada keyboard. 
Selain dapat menghitung teks, susunan rumus tersebut di atas dapat juga Anda terapkan pada suatu daftar yang diantaranya terdapat bilangan.

Menjumlahkan Hanya Bilangan Yang Tidak Sama

Gambar di bawah ini menunjukkan barisan sel A1:I18 yaitu suatu daftar susunan bilangan yang diantaranya terdapat bilangan yang sama/duplikat. Lain halnya dengan susunan rumus di atas, Rumus berikut ini bukanlah rumus array (Anda dapat menekan tombol Enter saja setelah menuliskan rumus) dan fungsinya hanya dapat menghitung bilangan yang tidak sama.


Salin rumus berikut pada sel J20:
=SUM(N(FREQUENCY(A1:I18,A1:I18)>0))&" buah."
Fungsi N (digunakan untuk mengubah nilai yang bukan bilangan menjadi suatu bilangan 0/nol) memiliki argumen FREQUENCY didalamnya yang berguna untuk melakukan penghitungan (menghasilkan suatu nilai array) seberapa seringnya nilai yang lebih besar dari angka nol tersebut terhitung. Maka dari itu, Anda tidak perlu lagi menekan tombol Ctrl+Shift+Enter.