Trik Membuat Batasan Barisan Sel dan Scroll pada Sheet Excel

Worksheet Excel merupakan ruang bagi Anda dalam melakukan segala aktivitas dengan Excel dan memiliki batas ruang barisan sel hingga sejumlah 16.384 kolom (ke kanan) dan 1.048.576 baris (ke bawah), maka sel yang paling akhir/ujung dalam sebuah worksheet adalah sel XFD1048576. Untuk mencapai batas kolom, Anda dapat menekan tombol Ctrl dan tombol panah kanan pada keyboard. Sedangkan untuk mencapai batas baris dengan menekan tombol Ctrl dan tombol panah bawah.

Trik singkat berikut ini bukan untuk menghapus barisan sel tersebut, akan tetapi hanya membatasi area barisan sel dan area scroll agar dapat Anda sesuaikan menurut kebutuhan. Trik yang dapat digunakan untuk membatasi area barisan sel adalah dengan menyembunyikan kolom maupun baris yang tidak terpakai/kosong; dan untuk membatasi area scroll diperlukan adanya pengaturan sheet melalui macro VBA.


Gambar di atas menunjukkan contoh hasil worksheet setelah dilakukan perubahan, dimana kolom dan baris yang kosong telah disembunyikan, sehingga Anda tetap fokus pada area barisan sel yang telah dipilih.
  1. Tekan tombol Ctrl+Home untuk meletakkan pointer pada sel A1.
  2. Blok kolom J hingga batas kolom (XFD) dengan cara klik Heading kolom J lalu tekan tombol Ctrl+Shift+panah kanan pada keyboard
  3. Klik kanan kemudian pilih Hide
  4. Blok baris ke 21 dengan cara klik Heading baris 21, tekan tombol Ctrl+Shift+panah kanan
  5. Klik kanan > Hide
Langkah terakhir adalah mematikan fungsi scroll yang dapat dilakukan dengan mouse apabila telah mencapai baris tertentu.
  1. Tekan Alt+F11 untuk menampilkan VBE.
  2. Jika Anda tidak menemukan bilah menu Properties di sebelah kanan, Anda dapat menampilkannya melalui menu View > Properties Window atau dengan menekan F4
  3. Pada bilah Properties, dibawah tab Alphabetic terdapat isian pada ScrollArea lalu ketik A1:I20.
  4. Klik tombol Close untuk menutup VBE.