Trik Cepat Rumus Excel Menghitung Sisa Hasil Pembagian

Sebuah contoh sederhana, jika Anda ingin membagikan nasi kotak sebanyak 275 buah kepada anak-anak yatim piatu di enam panti asuhan, berapa banyaknya nasi kotak yang tersisa? Jika Anda bagikan tentunya akan menghasilkan angka desimal 45.83 seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Sel B3 menggunakan rumus:
=B1/B2
Untuk menghitung sisa hasil bagi tersebut Anda mungkin dapat melakukan pembulatan, dengan mengalikan kembali hasil pembagian yang telah dibulatkan tersebut dengan jumlah panti asuhan sehingga menghasilkan nilai 270 yang selanjutnya Anda jadikan sebagai pengurang jumlah nasi box. Maka didapat selisih nasi sebanyak 5 buah.


Cara demikian sedikitnya mungkin membingungkan Anda. Agar mendapatkan jawaban yang lebih ringkas dalam konteks jika ingin mencari nilai pembulatan maka Anda dapat menggunakan fungsi INT dalam Excel seperti pada sel B4 yang menghasilkan nilai 45 yaitu:
=INT(B1/B2)
Sedangkan dalam konteks menghitung sisa hasil pembagian terhadap keseluruhan jumlah, terdapat fungsi MOD untuk menghasilkan nilai sisa pembagian yang terdiri dari dua argumen yaitu bilangan yang akan dibagikan dan bilangan pembagi sehingga memungkinkan Anda mendapatkan nilai sisa tersebut tanpa harus menghitung pembulatan terlebih dahulu. Adapun rumus MOD pada sel B5 yaitu:
=MOD(B1,B2)