rumus excel menghitung waktu jam menit dan detik durasi
Image by Jan Vašek from Pixabay


Dalam Excel, 'Waktu' tercatat sebagai bilangan numerik sehingga jika Anda ingin menetapkan Durasi atau jangka waktu maka dapat diperoleh dari hasil pengurangan antara waktu akhir dan waktu awal. Untuk mencegah adanya kekeliruan atas perhitungan durasi waktu, sebaiknya Anda menambahkan waktu beserta tanggalnya secara lengkap, dengan penulisan dalam Excel sebagai contoh: 1/3/2016 01:01:01 PM pada sel atau formula bar yang menunjukkan tanggal 3 Januari 2016 pukul 1 siang.


Adapun format penulisan waktu pada sel dapat disesuaikan menurut jenis dan lokasi (Locale) yang Anda inginkan melalui menu 'Format Cells'. Jika Anda ingin menggunakan format dalam bahasa Indonesia, maka format waktu yang Anda gunakan adalah 24 jam.

Saya telah membuat contoh sederhana ini dalam menghitung durasi ke dalam sebuah worksheet seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, juga akan sedikit membahas mengenai beberapa kendala yang mungkin kita temukan dalam menyusun rumus yang akan menghasilkan nilai durasi tersebut.


Barisan sel ini merupakan catatan daftar hadir petugas jaga yang masing-masing petugasnya bekerja bergiliran selama kurang lebih 12 jam. Sel F2 menggunakan rumus:
=E2-D2
Kendala pertama adalah setelah rumus pada sel F2 tersebut (seperti pada gambar di bawah ini) telah dihasilkan kemudian di-copy, maka hasil yang terlihat seperti pada gambar di bawah ini yaitu nilai yang ditampilkan berupa barisan tanda pagar (#). Hal ini disebabkan oleh adanya nilai yang menghasilkan nilai negatif.


Penyelesaian terhadap nilai negatif tersebut adalah dengan mengatur sistem penanggalan melalui menu ribbon File > Options > Advanced, kemudian temukan dan berikan tanda centang pada pilihan 'Use 1904 date system'. Sehingga hasilnya seperti pada gambar di bawah ini.


Kendala berikutnya adalah bagaimana menghilangkan tanda 'negatif' dalam sel-sel tersebut? Anda tentunya dapat menggunakan rumus IF dengan argumen bahwa jika hasil durasi tersebut lebih kecil daripada nol, maka jika nilai tersebut benar, maka durasi dikalikan dengan nilai -1 untuk menghasilkan nilai positif. Sehingga pada sel F2, susunan rumusnya adalah:
=IF(E2-D2<0,(E2-D2)*-1,E2-D2)

Apabila Anda ingin mendapatkan hasil durasi yang lebih definitif misalnya '12:39:47' diubah menjadi '12 jam 39 menit 47 detik.' (seperti pada gambar pertama di atas) maka dalam Excel terdapat fungsi HOUR, MINUTE dan SECOND yang gunanya mengidentifikasi dan menampilkan nilainya masing-masing. Sehingga Anda dapat dengan mudah menjadikan rumus IF di atas sebagai argumen untuk diterapkan pada fungsi HOUR, MINUTE dan SECOND. Sertakan tanda penghubung '&' untuk menambahkan fungsi tersebut maupun juga teks 'jam menit detik.', jika diterapkan ke dalam rumus maka susunannya adalah sebagai berikut:
=HOUR(IF(E2-D2<0,(E2-D2)*-1,E2-D2))&" jam "&MINUTE(IF(E2-D2<0,(E2-D2)*-1,E2-D2))&" menit "&SECOND(IF(E2-D2<0,(E2-D2)*-1,E2-D2))&" detik."


Rumus Excel Menghitung Durasi Dalam Satuan Detik

Untuk menghitung durasi jika diketahui waktu berupa sejumlah detik saja, maka Anda dapat mengalikannya dengan angka 1.00001157407407 dimana angka tersebut dalam Excel mewakili waktu 1 detik. Seperti contoh yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, sel B3 berisi rumus:
=B1*B2

Hasil perkalian rumus di atas kemudian dibagi dengan jumlah detik dalam satu hari atau 24 jam yaitu 86400 dan menambahkan fungsi ROUNDDOWN untuk menghilangkan angka desimalnya. Sehingga rumus sel B4 dapat disusun menjadi:
=ROUNDDOWN(B1/86400,0)
Rumus pada sel B5 dapat menghasilkan output yaitu 1 hari 10 jam 17 menit 36 detik berdasarkan jumlah waktu yang diketahui yaitu 123456 detik pada sel B1. Sel B5 berisi rumus gabungan antara hasil dari perhitungan sel B4 dengan fungsi HOUR, MINUTE dan SECOND.
=B4&" hari "&HOUR(B3)&" jam "&MINUTE(B3)&" menit "&SECOND(B3)&" detik."
Anda dapat pula membuat koreksi berdasarkan rumus yang telah dihasilkan di atas untuk menghitung durasi dalam satuan detik seperti hasil yang ditunjukkan pada sel B11 yang berisi rumus:
=B7*86400+B8*3600+B9*60+B10
Dimana angka 86400 adalah jumlah detik dalam 1 hari atau 24 jam dan angka 3600 adalah jumlah detik dalam 1 jam.

Cara Menghitung Jam ke Menit di Excel

Dalam Excel, menghitung jam dan menit ke menit sangat mudah dan cepat yaitu dengan cara mengkalikan jam dan menit dengan bilangan 1440. Bilangan 1440 ini merupakan cara menghitung jam di Excel yang tepat karena dihasilkan dari perkalian antara 24 (jumlah jam dalam sehari semalam) dan 60 (jumlah menit dalam satu jam). Namun harus dapat dipastikan terlebih dahulu agar format sel soal (sel jam dan menit yang akan dihitung) dan sel jawaban (sel yang menghasilkan jumlah menit) telah benar-benar tepat. Kita coba praktekkan.

Misalnya kita akan menghitung 62 jam lewat 10 menit maka pada sel A1 kita ketik 62:10. Lalu tekan Enter.

Jika format pada sel A1 tidak menampilkan angka 62:10, maka Anda harus mengubah format sel A1 dengan cara: 
  1. Klik-kanan sel A1.
  2. Pilih Format Cells. 
  3. Klik Custom di bawah Category pada tab Number.
  4. Kemudian ketik [h]:mm pada kotak isian Type:.
  5. Klik OK.
Sel A1 ini kita sebut sebagai sel soal, sel B1 kita jadikan sebagai sel jawaban, maka kita tuliskan rumus jam ke menit pada sel B1:
=A1*1440
Kemudian kita ubah format selnya menjadi Number dengan cara:
  1. Klik-kanan sel B1.
  2. Pilih Format Cells. 
  3. Klik Number dibawah Category pada tab Number.
  4. Klik OK.
Hasilnya adalah 3730.00, dimana 62 jam dikali 60 menit sama dengan 3720 lalu ditambah dengan jumlah menit yaitu 10 menit. Sangat mudah dan cepat, bukan?

Meskipun Excel menyediakan fungsi TIME, namun fungsi ini tidak mampu memberikan hasil yang akurat setelah dikalikan dengan bilangan 1440 seperti yang dihasilkan melalui cara pengaturan format di atas. Sebagai informasi tambahan saja, dalam Excel terdapat fungsi yang digunakan untuk membuat waktu yang data waktunya terletak pada beberapa sel yaitu fungsi TIME.

Cara Menghitung Hari ke Jam di Excel

1 Hari Berapa Jam? Tentu Anda tahu jawabannya yaitu 24 jam. 

Namun untuk menjawab pertanyaan yang agak sulit contohnya: 1 tahun berapa jam? Untuk menjawabnya Anda mungkin harus mengetahui dahulu "1 tahun berapa hari?" kemudian hasilnya Anda bisa kalikan dengan 24 jam.

Di Excel tak banyak yang tahu cara konversi menghitung hari ke jam ternyata dapat dilakukan dengan mudah dan cepat hanya dalam hitungan detik saja.

Rahasianya adalah format Number Custom.

Dengan mengubah format Number Custom suatu sel menjadi [h] pada Format Cells maka nilai akan ditampilkan dalam format jam.

Dengan demikian jika sel A1 berisi angka 365 maka hasilnya adalah 8.760 jam.

Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Klik kanan sel A1 tersebut.
  2. Pilih Format Cells.
  3. Pada tab Number, pilih Custom dan ketik [h] pada kotak isian di bawah Type: dimana h adalah singkatan hour atau jam.
  4. Klik OK.

Cara Menghitung Hari ke Menit di Excel

Dengan cara cepat tersebut di atas Anda juga bisa menghitung pertanyaan "1 Hari Berapa Menit?".

Caranya pun sangat mudah Anda tinggal mengetik [m] pada kotak isian Type:.

M dalam tanda kurung siku adalah simbol menit di Excel.

Jadi seperti contoh di atas, untuk menghitung 1 tahun atau 365 hari maka hasilnya adalah 525.600 menit.

Cara Menghitung Hari ke Detik di Excel

Silakan Anda coba untuk menjawab pertanyaan "1 Hari Berapa Detik?".

Caranya sama seperti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas yaitu format Number Custom hanya saja yang Anda ketik adalah [s] untuk melambangkan detik pada kotak isian Type:.

Angka yang akan dihasilkan untuk menghitung 365 hari adalah 31.536.000 detik.

🤪