Rumus Excel Menghitung Usia Kehamilan dalam Minggu dan Bulan

Usia kehamilan pada umumnya adalah selama 9 bulan ditambah 5 hari atau selama 40 minggu (280 hari) yang terhitung mulai sejak hari pertama haid terakhir. Berikut ini adalah tips sederhana untuk mempermudah Anda mengetahui hari perkiraan lahir dan usia kehamilan saat ini (dalam hitungan minggu maupun hitungan bulan dan hari).

Langkah pertama adalah menyiapkan beberapa penjelasan singkat seperti contoh pada gambar di bawah ini:


Selanjutnya Anda menambahkan tanggal hari ini pada sel B1 dengan menggunakan rumus:
=TODAY()
Kemudian tambahkan pula pada sel B2 tepatnya hari pertama haid terakhir.

Blok sel B1 menurun hingga B3 lalu tampilkan jendela 'Format Cells' pada menu Home > Number klik tombol kecil (dilingkari dengan warna merah) seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Pada menu 'Category:' pilih 'Date', lalu ubah format tanggal kedalam bahasa Indonesia melalui menu 'Locale (location):' pilih 'Indonesian'. Pilihlah jenis format tanggal yang Anda kehendaki.


Sel B3 berisi perhitungan jumlah hari perkiraan lahir dimulai sejak hari pertama haid terakhir dengan menambahkan 280 hari menggunakan rumus berikut:
=B2+280
Pada sel B4 berisi rumus yang merupakan hasil selisih antara hari ini dengan hari pertama haid terakhir yang selanjutnya dibagi dengan 7 hari (1 minggu). Maka akan menghasilkan hari perkiraan lahir dalam hitungan minggu. Saya menggunakan fungsi INT untuk membuat pembulatan terhadap hasil perhitungan tersebut dengan menyertakan teks di akhir yaitu kata 'minggu' dengan susunan rumus berikut:
=INT((B1-B2)/7)&" minggu"

Sel B5 menggunakan fungsi DATEDIF untuk menghasilkan nilai dalam hitungan bulan dan hari dengan rumus:
=DATEDIF(B2,B1,"YM")&" bulan, "&DATEDIF(B2,B1,"MD")&" hari"

Maka hasil perhitungan akan terlihat seperti pada gambar di atas.