Menghapus Baris Sel Ganda atau Duplikat pada Tabel Excel

Kemampuan Excel dalam mengidentifikasi maupun menghapus duplikasi data pada baris sel secara mudah dan efisien pada sebuah worksheet, kini dapat Anda fungsikan setelah adanya versi mulai dari 2007. Fitur pada menu Data > Data Tools > Remove Duplicates memberikan Anda kemudahan dalam menghapus baris-baris sel ganda dalam worksheet dengan menentukan kolom manakah yang akan dicek sebagai informasi duplikasi data yang dimaksud.

Jika Anda mengubah worksheet menjadi suatu database berupa tabel, tentunya akan lebih memudahkan pekerjaan Anda karena pembuatan tabel database dalam Excel ditujukan untuk mengelola dan meng-analisis data yang saling berkaitan atau sistematis. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini yang menunjukkan barisan sel data yang telah diubah menjadi sebuah tabel menggunakan menu Insert > Tables > Table. Contoh Tabel ini memiliki beberapa baris sel ganda.


Dengan menempatkan kursor pada sel manapun dalam tabel tersebut, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghapus baris sel ganda:
  • Pilih menu Table Tools > Design > Tools > Remove Duplicates.
  • Pada jendela 'Remove Duplicates' yang menampilkan judul kolom masing-masing dalam tabel, klik tanda centang pada kolom yang akan Anda sertakan dalam pencarian duplikasi. Jika semua kolom dicentang maka duplikasi tersebut ditetapkan harus memenuhi data yang sama di setiap kolomnya.
  • Klik OK untuk menampilkan pesan konfirmasi yang menginformasikan berapa banyak sel ganda yang telah dihapus.

Sebagai catatan bahwa nilai ganda/duplikat ditentukan oleh nilai berdasarkan format yang tampil pada sel, artinya bukan ditentukan oleh nilai yang tercatat pada sel tersebut. 
Untuk membuktikannya, Anda dapat bereksperimen membuat sel yang memiliki nilai yang sama sebanyak dua atau lebih, namun dalam format yang berbeda. Misalkan sel tanggal yang satu dengan format 1/1/2016 sedangkan sel yang lain 1-Jan-2016. Apakah yang akan terjadi pada saat baris sel ganda tersebut dihapus menggunakan fitur Remove Duplicates?