Cara Menghitung Iterasi dengan Excel

Iterasi dalam Excel adalah suatu penghitungan pada worksheet yang dilakukan secara berulang-ulang hingga dapat menemukan hasil bilangan yang sesuai. Permasalahan ini dapat Anda temukan pada saat menyusun rumus excel dalam suatu sel yang harus kembali mengacu kepada sel tersebut, baik secara langsung maupun tidak.


Sebagai contoh yang paling sederhana ditunjukkan pada gambar di atas, Anda harus menentukan berapa besar netto dan hasil persentase netto jika yang diketahui nilai brutto dan persentase netto-nya saja. Ketika Anda akan mengetahui besar netto maka diperlukan adanya nilai pada hasil persentase netto demikian pula sebaliknya, saling berkaitan satu sama lain.

Sebagai solusinya terdapat sebuah opsi pengaturan dalam Excel untuk mengaktifkan penghitungan iterasi tersebut. Berikut ini langkah-langkah yang Anda dapat ikuti:
  1. Jika Anda menggunakan versi 2010 ke atas Buka menu File > Options untuk menampilkan kotak dialog Excel Options, sedangkan bagi pengguna versi 2007 yaitu membuka tombol Office > Excel Options.
  2. Pilih menu Formulas lalu tandai ceklis pada 'Enable iterative calculation' 
  3. klik OK
Adapun rumus pada sel B3 yaitu:
=B2*B4
Dan sel B4:
=B1-B3


Maka Excel akan langsung menghitung hasilnya, sehingga dapat menghemat lebih banyak waktu Anda dalam melakukan aktivitas pencarian nilai yang benar-benar sesuai berdasarkan nilai yang telah diketahui.