Bila Anda ingin mendapatkan nilai dari akar suatu bilangan dengan mudah dan cepat, maka persoalan matematika ini disamping dapat dilakukan dengan menggunakan kalkulator ilmiah, Excel dengan beberapa pilihan rumusnya bisa juga dimanfaatkan untuk menghasilkan nilai dari akar tersebut. Jika Anda ingin mengatasi persoalan matematika lainnya seperti membuat lambang akar di Excel, silakan anda baca postingan Cara Menambahkan Simbol Akar ke dalam Sel Excel

Menghitung Akar (Akar Pangkat 2/Akar Kuadrat) di Excel

Dalam Excel, fungsi SQRT sering digunakan untuk menghitung akar pangkat dua (akar kuadrat), misalnya suatu soal "Carilah akar dari 49!", jika Anda menempatkan angka 49 pada sel B1, maka pada sel C1 contohnya akan menghasilkan nilai "7" dengan rumus akar di Excel:
=SQRT(B1)

Menghitung Akar Pangkat Tiga, Akar Pangkat Empat, Akar Pangkat Lima dst di Excel

Fungsi SQRT tentunya tidak berlaku untuk menghitung akar kubik (akar pangkat 3) ke atas. Trik berikut ini dapat menghasilkan nilai dari akar pangkat. Gambar yang terlihat di bawah ini menunjukkan contoh hasil perhitungan Excel pada sel C5 dan C6, Terdapat dua rumus yang dapat Anda pilih sebagai rumus akar pangkat 3 di Excel yaitu sebagai berikut:

rumus akar di excel

Cara Pertama

Anda dapat menggunakan tanda sisipan '^' pada keyboard yang mana fungsi simbol ^ pada Excel sering digunakan untuk menemukan nilai kuadrat atau pangkat tertentu. Untuk menghasilkan akar kubik, akar pangkat 4 dan 5 maka dapat dilakukan dengan membagi angka 1 dengan akar pangkat tersebut, sehingga rumus pada Sel C5:
=C2^(1/C3)


Cara Kedua

Excel menyediakan fungsi bagi kalangan dengan keahlian teknik yaitu fungsi POWER. Sama halnya dengan cara pertama yaitu angka 1 dibagi akar pangkat, dengan rumus POWER pada sel C6 adalah:
=POWER(C2,1/C3)


Terakhir diperbarui tanggal: 29/7/2020