Dalam worksheet Excel Anda dapat menemukan jawaban dalam meng-analisis suatu nilai secara tepat dan efisien. Sebagai contoh Anda mempunyai worksheet yang disusun untuk mengetahui proyeksi penjualan suatu produk yang memungkinkan Anda untuk menjawab pertanyaan "Bagaimana akibatnya jika jumlah keuntungan ditingkatkan hingga 25 persen? Lalu berapa banyaknya penjualan yang membutuhkan peningkatan agar menghasilkan keuntungan tersebut?".

Apabila worksheet Anda telah disusun dengan baik, maka Anda dapat mengubah nilai dalam suatu sel agar mengetahui perubahan yang akan berakibat terhadap sel keuntungan yang dimaksud. Pada umumnya, sel yang mengalami akibat perubahan nilai tersebut merupakan nilai tujuan atau suatu hasil dari rumus yang telah ditetapkan. Sehingga dalam hal ini, Anda dapat mencoba kebalikannya, yaitu mengubah nilai tujuan tersebut agar menghasilkan akibat terhadap input data.


Contoh pada gambar di atas menunjukkan catatan data kredit pinjaman. Sel B1 hingga B4 merupakan input data, sedangkan Sel B5 hingga B8 masing-masing rumusnya yaitu sebagai berikut:
=B1-(B1*B2)
=((B4/12)*B5)/(1-((1+(B4/12))^(-(B3/12)*12)))
=B5+B8
=(B6*B3)-B5
Berdasarkan data tersebut, apabila Anda mampu membayar angsuran bulanan sebesar Rp450.000 selama 2 tahun, berapakah harga pembelian maksimal yang mampu Anda bayar? Atau, berapakah nilai yang seharusnya pada Harga Pembelian (sel B1) agar mengakibatkan rumus Angsuran per bulan (pada sel B6) dapat menghasilkan nilai Rp450.000?

Anda tentunya mungkin dapat mengubah nilai Harga Pembelian tersebut hingga menghasilkan Rp450.000, tetapi akan sangat menyita banyak waktu Anda. Agar mendapatkan jawaban yang lebih efisien ikuti tahapan berikut ini:
  1. Pilih menu Data > Data Tools > What-If Analysis > Goal Seek.
  2. Pada menu 'Set cell:' klik sel B6
  3. Masukkan '450000' pada menu 'To value:'
  4. Untuk menu 'By changing cell:' klik sel B1
  5. Klik OK 

Selanjutnya akan tampil 'Goal Seek Status' dan nilai yang tepat telah dihasilkan dalam sekejap. Klik OK untuk menerapkan nilai yang baru tersebut, atau klik Cancel untuk membatalkan perubahan.