Image by Selling of my photos with StockAgencies is not permitted from Pixabay


Rumus Excel dapat dioperasikan tidak hanya dalam satu worksheet saja, akan tetapi dapat pula difungsikan kepada worksheet lainnya di dalam satu workbook/spreadsheet. Anda dapat melakukannya dengan mengutamakan acuan sel yang dipilih dengan menentukan nama Sheet dan menambahkan satu buah tanda seru.

Operasi Penjumlahan Biasa ke Sheet Lain

Sebagai contoh, berikut ini rumus A1 pada Sheet1 yang akan menjumlahkan angka 100 pada suatu nilai misalnya angka 13 di dalam sel A1 pada Sheet2:
=Sheet2!A1+100
maka hasil yang ditampilkan pada sel A1 di Sheet1 adalah 113.

Penjumlahan dari Sheet ke Sheet dengan Fungsi SUM

Teknik Menjumlahkan dengan Fungsi SUM 

Anda juga dapat menjumlahkan nilai pada satu sel lebih dari dua sheet. Misalkan menjumlahkan angka yang terdapat pada sel A1 di setiap Sheet dengan rumus:
=SUM(Sheet2:Sheet3!A1)
Tanda titik dua dalam rumus diatas digunakan sebagai pemisah antara sheet awal dan sheet akhir. 

Rumus Menjumlahkan Range di Setiap Sheet yang dipilih

Rumus Excel juga dapat pula diterapkan tidak hanya pada satu sel saja melainkan pada sel-sel yang disorot (range), misalnya dengan susunan rumus:
=SUM(Sheet2:Sheet5!A1:D10)


Rumus Penjumlahan Cepat dari Sheet ke Sheet

Sama halnya dengan trik rumus berikut ini dapat menjumlahkan sel tertentu yang terdapat di setiap sheet kecuali sel yang Anda gunakan untuk menghasilkan rumus tersebut, contoh pada sel A1 rumusnya:
=SUM('*'!A1)


Rumus Penjumlahan dengan Mengecualikan Sheet Tertentu 

Selain itu, Anda juga dapat melakukan pengecualian penjumlahan terhadap sheet tertentu. Contohnya apabila terdapat 9 sheet dan Anda harus mengecualikan Sheet6 maka penyusunan rumus dalam sel A1 Sheet1 adalah:
=SUM(Sheet2:Sheet5!A1,Sheet7:Sheet9!A1)