Image by Peggy und Marco Lachmann-Anke from Pixabay


Excel tidak menyediakan menu atau metode secara langsung untuk mengganti suatu daftar berupa baris vertikal menjadi sebuah tabel. Namun, jika Anda menyusun dan menerapkan rumus berikut pada permasalahan yang Anda temui, maka akan dapat sangat membantu. Terlebih lagi apabila Anda harus menangani daftar vertikal yang amat panjang dan menyita banyak waktu Anda.

Pada contoh kasus seperti gambar di bawah ini, kolom A berisi daftar vertikal berisi data identitas yang setiap catatannya terdiri dari 5 baris.


Untuk mengatasi permasalahan di atas, ikutilah beberapa langkah di bawah ini:
Masukkan rumus Excel berikut ini tepat di sel C1
=INDIRECT("A"&ROW()*5-4)
Kemudian lanjutkan dengan memasukkan rumus pada sel D1:
=INDIRECT("A"&ROW()*5-3)
di sel E1:
=INDIRECT("A"&ROW()*5-2)
di sel F1:
=INDIRECT("A"&ROW()*5-1)
dan sel G1:
=INDIRECT("A"&ROW()*5-0)
Setelah rumus tersebut telah Anda masukkan, selanjutnya copy-kan sel-sel tersebut pada 2 baris di bawahnya untuk menampilkan data lainnya yang tercatat pada kolom A. Hasilnya seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:



Jika jumlah baris untuk setiap catatan yang Anda temui misalkan jumlahnya sedikit, maka Anda pun dapat menyusun rumus yang sedikit pula. Sehingga banyaknya rumus yang Anda terapkan tergantung dari banyaknya baris pada setiap catatan daftar vertikal tersebut.


Contohnya: jika setiap catatan terdiri hanya 2 baris saja (nama dan alamat, data yang lainnya dihapus) seperti gambar di atas, maka rumus yang harus Anda susun pada sel C1:
=INDIRECT(“A” & ROW()*2-1)
Dan pada sel D1 rumusnya:
=INDIRECT(“A” & ROW()*2-0)