Microsoft Excel adalah salah satu bagian dari produk Microsoft Office yang sangat populer di dunia yaitu suatu kumpulan aplikasi/perangkat lunak (software) komputer yang dikembangkan oleh perusahaan multiteknologi asal Amerika Serikat bernama Microsoft Corporation dengan tokoh pendirinya adalah Bill Gates dan Paul Allen. Adapun produk Microsoft Office yang telah dikembangkan saat ini terdiri dari: Access, Excel, SharePoint Workspace, OneNote, Outlook, PowerPoint, Publisher, Word dan InfoPath. Software Microsoft Office tersebut telah banyak digunakan oleh penggunanya di seluruh dunia untuk membantu mengolah data yang berkaitan dengan berbagai aktivitas perkantoran.

Termasuk Microsoft Excel yang berguna untuk mengelola informasi data berupa daftar tabel disebut dengan istilah Spreadsheet yaitu suatu file yang dihasilkan dengan format berekstensi (berakhiran) .xls atau .xlsx pada setiap nama filenya. Microsoft Excel dalam penggunaannya dapat membantu melakukan perhitungan, melakukan analisis dan menampilkan visualisasi data perkantoran dalam berbagai bidang pekerjaan, diantaranya: Keuangan, Manajemen, Matematika, Keahlian Teknik dan bidang administrasi lainnya yang memerlukan ketelitian dan efisiensi yang tinggi.

pengertian microsoft excel

Di dalam perkembangannya, saat ini Microsoft Excel telah memiliki sejumlah peningkatan keunggulan berdasarkan versi terbarunya untuk membantu pengguna agar dapat menggunakannya dengan semakin produktif. Versi lama yang telah diproduksi memiliki perbedaan cukup signifikan dibandingkan versi terbaru Microsoft Excel yang telah dilengkapi dengan berbagai perintah dan perangkat sistem visual yang dapat disesuaikan oleh penggunanya melalui menu utama dan worksheet yang tersedia.

Worksheet Excel terdiri dari garis-garis tabel (grid) yang ditandai dengan bilangan nomor urut pada baris tegak (vertikal) dan susunan huruf alfabet kapital pada kolom mendatar (horizontal). Adapun garis kotak isian yang tebal pada tabel worksheet tersebut dinamakan dengan kotak sel yang dapat diisi dengan teks maupun fungsi atau rumus Excel untuk menghasilkan nilai perhitungan atau nilai tertentu lainnya. Kotak sel dapat diarahkan/ditempatkan di dalam worksheet dengan menggunakan tombol keyboard atau meng-klik mouse yang secara otomatis dapat menunjukkan posisi/nama sel yang ditampilkan melalui menu fungsi di bagian atas worksheet.