Cara Mengubah Data Tanpa Menggunakan Rumus Excel

Jika Anda menemukan suatu permasalahan dalam Excel, seperti contohnya suatu barisan sel yang berisi data dimana seluruh nilainya harus Anda ubah menjadi sebesar 15 persen seperti contoh sederhana yang terlihat pada gambar, Anda dapat mengubah seluruh nilai tersebut tanpa menggunakan rumus Excel. Terlihat pada sel D1 terdapat angka 0.15 (yaitu hasil persentase dari 15 persen) yang akan digunakan sebagai pembantu atau angka pengkali.


Untuk melakukan metode ini, Anda ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Pilih sel D1, lalu pilih 'Copy' pada menu ribbon Home>Clipboard; atau Anda dapat meng-klik-kanan sel tersebut lalu klik 'Copy'; atau juga dengan menekan tombol 'CTRL' dan 'C' pada keyboard secara bersamaan.
  2. Setelah angka 0.15 tersebut dicopy-kan, selanjutnya Anda blok/sorot sel A1 hingga B5.
  3. Klik kanan barisan sel yang disorot tersebut lalu pilih menu 'Paste Special'; atau Anda dapat memilih menu Paste Special pada menu ribbon Home>Clipboard, di bawah icon 'Paste' klik panah kecil menurun lalu pilih 'Paste Special'.
  4. Pada tampilan Paste Special, di bawah pilihan 'Operation' pilih menu 'Multiply' untuk melakukan perintah/operasi perkalian.
  5. Klik OK.
Nilai pada barisan sel yang telah disorot tersebut berubah menjadi hasil perkalian terhadap angka 0.15 yang Anda copy-kan. Anda juga mungkin dapat bereksperimen dengan melakukan operasi bilangan lainnya seperti melakukan penjumlahan, pengurangan atau pembagian melalui menu Paste Special ini sesuai dengan tahapan yang telah dijelaskan diatas.