Image by Pexels from Pixabay

Excel memiliki suatu keunggulan dalam menampilkan rumus, daftar nama dan acuan sel atau tabel dengan otomatis dan lengkap yaitu ketika Anda mengetik tanda sama dengan dan huruf pertama rumus dalam sel, maka selanjutnya akan menampilkan kotak daftar pilihan menurun yang berisi semua fungsi lengkap beserta penjelasannya yang diurutkan sesuai dengan huruf yang Anda ketik tersebut.

Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini, saya mengetik huruf 'I' setelah sama dengan, maka secara otomatis menampilkan kotak daftar pilihan menurun terdiri dari fungsi IF, IFERROR, IMABS dan lain-lain lengkap dengan penjelasan (dalam bahasa Inggris).



Untuk memilih fungsi yang Anda inginkan, tekan tombol Tab pada keyboard atau double-klik fungsi yang Anda pilih. Fungsi Excel dilanjutkan dengan menambahkan tanda kurung buka (berupa tanda kurung kecil).



Setelah Anda memilihkan fungsi pada sel tersebut, maka selanjutnya Excel menampilkan petunjuk mengenai rumus yang dimaksud atau biasa dikenal dengan sintaks seperti yang terlihat pada gambar di atas. Petunjuk yang dicetak tebal merupakan nilai yang harus Anda isikan saat ini, sedangkan tanda kurung besar '[nama_petunjuk]' hanya menampilkan keterangan tambahan saja.

Contoh: saya akan menerapkan rumus/fungsi Excel IF yang akan menghasilkan nilai yang logis berupa kata 'BENAR' atau 'SALAH' terhadap angka misalnya -4 dengan penjelasan jika angka tersebut lebih besar dibandingkan dengan angka 1, maka saya mengetik setelah =IF( rumus berikut:

-4>=1,"BENAR","SALAH"

Akhiri rumus yang telah Anda masukkan dengan menekan tombol Enter (dengan atau tanpa tanda kurung tutup) untuk menampilkan hasil formula rumus Anda.