Image by Susanne Pälmer from Pixabay


Menghitung Usia Seseorang

Dalam menghitung usia seseorang saya memiliki 4 Cara yang dapat kita coba melalui rumus yang diambil misalkan pada sel B2 yang menunjukkan bulan/tanggal/tahun kelahiran. Sedangkan sel B3 diisi dengan tanggal saat ini, kita dapat menampilkannya dengan menggunakan rumus excel:
=TODAY()

Cara Pertama

Rumus excel fungsi INT berikut membagi tanggal kelahiran dari tanggal saat ini kemudian dibagi 365.25 (jumlah hari rata-rata dalam satu tahun).
=INT(B3-B2)/365.25
rumus excel, menghitung umur seseorang

Cara Kedua

Rumus menghitung usia seseorang berikut ini menggunakan fungsi YEARFRAC. Fungsi ini biasanya digunakan pada perhitungan finansial, tetapi dapat juga berguna untuk menghitung usia karena fungsi tersebut menghitung pecahan tahun yang diwakili oleh jumlah keseluruhan hari diantara 2 tanggal sehingga menghasilkan bilangan bulat seperti dalam gambar tersebut.
=INT(YEARFRAC(B3,B2))


Cara Ketiga

Menghitung usia seseorang dapat pula menggunakan fungsi DATEDIF. Perlu diketahui bahwa fungsi tersebut tidak dijelaskan pada menu Help Excel.
=DATEDIF(B2,B3,"Y")

Cara Keempat

Rumus menghitung usia seseorang dengan fungsi DATEDIF dibawah ini merupakan cara yang paling akurat karena menghasilkan data tekstual lengkap beserta tahun, bulan dan hari lahir.
=DATEDIF(B2,B3,"Y")&" TAHUN,"&DATEDIF(B2,B3,"YM")&" BULAN,"&DATEDIF(B2,B3,"MD")&" HARI"