Image by PatternPictures from Pixabay


Menghitung Ranking Menggunakan Rumus Array

Seringkali kita menghitung urutan ranking pada suatu data nilai melalui penyortiran baik dari urutan yang tertinggi hingga terendah ataupun sebaliknya. Namun cara berikut ini akan sangat membantu kita. Sebagai contoh, jika kita memiliki data nilai bagi tiap siswa, kita mungkin ingin mengetahui bagaimana peringkat/ranking setiap siswa tersebut tanpa melakukan penyortiran.

Jika kita menggunakan fungsi RANK, kita lihat bahwa ranking tersebut dihasilkan dari rumus yang tidak dapat mengatasi ranking yang sama. Contoh, jika terdapat dua nilai yang sama pada ranking 9, fungsi RANK menghasilkan kedua nilai tersebut sama-sama 9. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, Nilai Nuryana dan Tazul sama-sama memiliki nilai 7.63 dan rankingnya 9, juga nilai yang dimiliki oleh Rudi dan Yoga yang keduanya memiliki nilai 6.87 dan ranking mereka 25. Kita mungkin lebih suka untuk memberikan setiap nilai rata-rata (atau nilai pertengahan) pada ranking tersebut. Dengan kata lain, ranking dari nilai 7.63 bagi kedua nilai itu menempati ranking yang sama.

Untuk versi Excel 2010 ke atas terdapat fungsi rumus baru yaitu RANK.AVG untuk memperbaiki permasalahan tersebut.

Pada gambar di bawah ini tampak sebuah sheet yang menggunakan 2 cara untuk memberikan ranking dari nilai di kolom tersebut. Cara pertama (kolom C) menggunakan fungsi RANK dan kolom D menggunakan fungsi terbaru yaitu RANK.AVG. 
rumus excel, menghitung ranking excel, rumus rangking pada ms excel

Terlebih dahulu kita namakan kolom B (B4:B29) menjadi nama 'Nilai', Cara untuk menamakan kolom tersebut dapat kita lakukan seperti berikut: 
  • Pilih menu 'Formulas' kemudian kita pilih 'Define Name' 
  • selanjutnya Isi dengan kata 'Nilai' pada kotak 'Name' 
  • lalu pada kotak 'Refers tO:' klik tombol yang berada di sebelah pojok kanan kotak tersebut 
  • kemudian kita blok sel B4 hingga B29 
  • tekan enter dan klik OK

Menghitung Ranking Menggunakan Fungsi RANK

Untuk menggunakan fungsi RANK pada kolom C, letakkan kursor pada sel C4 lalu gunakan rumus excel berikut ini:
=RANK(B4,Nilai)
tekan tombol Ctrl+Shift+Enter bersamaan pada keyboard. Copy sel C4 tersebut dan Paste sepanjang kolom hingga sel C29.

Rumus Array (rumus susunan) adalah jenis rumus excel yang istimewa karena rumus tersebut bekerja dengan menyusun data dari dalam. Sehingga ketika kita akan mengetahui hasilnya, kita harus menekan tombol Ctrl+Shift+Enter secara bersamaan pada keyboard untuk menunjukkan bahwa rumus yang kita gunakan tersebut adalah rumus array, karena jika kita hanya menekan tombol Enter saja rumus tidak akan sesuai.

Menghitung Ranking Menggunakan Fungsi RANK.AVG

Selanjutnya fungsi RANK.AVG pada kolom D menggunakan cara yang sama seperti diatas. Rumus yang digunakan adalah:
=RANK.AVG(B4,Nilai)
tekan tombol Ctrl+Shift+Enter bersamaan pada keyboard. Copy sel D4 tersebut kemudian Paste sepanjang kolom hingga sel D29.

Perhatikan bahwa terdapat dua orang siswa (Nuryana dan Tazul) yang sama-sama menempati urutan ranking ke 9. Fungsi RANK memberikan ranking 9 pada setiap siswa tersebut, namun pada fungsi RANK.AVG terlihat masing masing ranking 9.5. Begitu pula dengan Rudi dan Yoga yang memiliki ranking yang sama yaitu 25 pada kolom C dan 25.5 di kolom D.

Koreksi Fungsi SUM

Terakhir, pada kolom E kita coba bandingkan hasilnya dengan rumus menggunakan Fungsi SUM (masih menggunakan rumus array) yaitu:
=SUM(1*(B19<=Nilai))-(SUM(1*(B20=Nilai))-1)/2
tekan tombol Ctrl+Shift+Enter bersamaan pada keyboard. Copy sel E4 kemudian Paste sepanjang kolom hingga sel E29.