Image by Gerd Altmann from Pixabay


Menghitung Statistik Tanpa Memakai Rumus Statistik Excel

Apakah kita dapat mengetahui perhitungan statistik secara otomatis tanpa harus menggunakan rumus statistik excel terlebih dahulu? Tentunya kita bisa melakukannya melalui fitur yang tersedia di dalam Microsoft Excel pada status bar.
Terkadang kita tidak menyadari keberadaan hasil penghitungan yang otomatis tersebut terletak pada bagian bawah jendela tampilan Microsoft Excel yaitu pada status bar. Excel menampilkan beragam informasi pada status bar mengenai sel-sel berisi angka yang kita blok/seleksi.
Seperti yang dapat kita lihat pada gambar di bawah ini sel yang diblok memiliki rata-rata (average) senilai 84.07, kemudian jumlah sel yang diblok sebanyak 14 dan jumlah total keseluruhan sel yang diblok adalah 1.177.
rumus excel, rumus statistik excel

Jika kita ingin melihat tampilan penghitungan statistik lainnya, kita dapat mengklik kanan teks pada status bar tersebut lalu kita pilih menu lainnya yang tersedia yaitu: Numerical Count, Minimum dan Maximum. Jika kita tidak akan menampilkan penghitungan pada status bar, hapus saja tanda centangnya.
Perlu kita ingat bahwa sel yang berisi teks akan diabaikan dalam penghitungan statistik tersebut, kecuali jika pilihan menu Count diaktifkan